Connect With Us

Pelabuhan Cigading Punya Integrated Warehouse Terbesar se-ASEAN

Mohamad Romli | Rabu, 24 Juni 2020 | 18:28

Pergudangan terpadu di Pelabuhan Cigading yang dikelola PT Krakatau Bandar Samudera (KBS). (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Pelabuhan Cigading yang dikelola PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) membangun pergudangan terpadu (integrated warehouse) terbesar se-ASEAN. Letaknya berada di pusat kawasan industri dan daya tampungnya mencapai 270 ribu ton untuk curah kering.

Gudang penyimpanan terpadu khusus curah kering ini dibangun di lahan seluas 11,6 hektare. Pembangunan tahap pertama berkapasitas 200 ribu ton. Tahap selanjutnya menyusul 70 ribu ton untuk penyimpanan curah kering.

Pergudangan terpadu di Pelabuhan Cigading yang dikelola PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).

"Tahap pertama telah selesai dibangun fasilitas gudang penyimpanan (flat storage) berkapasitas 200.000 MT dan tahap berikutnya akan dibangun fasilitas gudang vertical (silo) berkapasitas minimum 70.000 MT sehingga nantinya kapasitas totalnya menjadi sebesar 270.000 MT," kata Direktur Utama PT KBS, Alugoto Mulyowahyudi, Rabu (24/6/2020).

PT KBS mengklaim fasilitas integrated warehouse (IWH) ini terbesar se-ASEAN. Selain itu, Alugoro menyebut teknologi yang dipakai untuk mengoperasikan gudang ini diklaim termodern se-Indonesia.

"IWH memiliki fasilitas teknologi termodern di Indonesia, di mana gudang transit seluas 11,6 HA ini akan terhubung langsung dengan Continuous Ship Unloader (CSU) yang berada di Dermaga 1 milik PT KBS melalui conveyor belt," katanya.

CSU diperuntukan untuk melayani bongkar kargo grain seperti soybean, corn, wheat & soybean meal dengan metode food grade handling. Teknologi berupa chain, discharge rate CSU dapat mencapai 1,300 ton/jam atau setara dengan rata-rata 20,000 ton/hari, hal tersebut tentu dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Pembangunan fasilitas di dalam pelabuhan itu bekerja sama dengan PT Sentral Grain Terminal. Pergudangan terpadu itu mulai beroperasi pada Selasa (23/6/2020).

"Kerjasama ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan dengan menggandeng PT SGT menjadikan PT KBS sebagai perusahaan logistik terintegrasi berbasis pelabuhan (Port Centric Integrated Logistics Company) yang menerapkan konsep Smart & Green Port," katanya.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill