Connect With Us

Nyaris Roboh, Rumah Nenek Sarfiah Dibangun TNI

Mohamad Romli | Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:42

| Dibaca : 409

Nenek Sarfiah, 80, digandeng anggota TNI di sela-sela aktivitas pembangunan rumahnya, Sabtu (4/7/2020). (Istimewa / Iqbal)

 

TANGERANGNEWS.com-Nenek Sarfiah, 80, tinggal sebarang kara di rumah tak layak huni di Pejaten, Kelurahan Cikerai, Cilegon. Sarfiah tinggal selama 4 tahun dengan kondisi rumah tak ada dapur dan kamar mandi.

Rumah yang ditempati Sarfiah berukuran 3x4 meter. Bentuk bangunannya hanya kotak persegi, tak ada sekat kamar maupun dapur. Ia tinggal di rumah itu sejak 4 tahun lalu setelah rumah sebelumnya kebakaran.

"Sebelumnya tinggal di rumah suaminya di Kembaran (Kabupaten Serang) suaminya meninggal. Dulu rumahnya kebakaran sebelum pindah," kata tetangga rumahnya, Alfian, Sabtu (4/7/2020).

Keadaan rumahnya dibangun dari bata dengan tinggi hanya setengah bangunan, dindingnya dilapisi triplek, atapnya terbuat dari asbes. Rumah itu dibangun oleh keponakannya agar nenek Sarfiah bisa berteduh.

"Tadinya numpang, dia enggak enak numpang terus, dibikinin sama keponakannya," ujarnya.

Pendengaran nenek Sarfiah mengalami keterbatasan karena faktor usia, orang yang berkomunikasi dengannya harus dengan nada tinggi, itu pun kadang antara pertanyaan dan jawaban sang nenek tak nyambung.

"Telingany udah kurang mendengar, mungkin karena faktor usia," kata dia.

Selama 4 tahun, kebutuhan makan sehari-hari nenek Sarfiah berasal dari saudaranya yang tinggal tak jauh dari rumahnya. Ia tinggal sebatang kara dan tak dapat memasak lantaran tak ada dapur.

Kini rumah itu dalam proses pembanguanan oleh personel tentara yang masuk desa. Rumah tak layak huni itu didapati dari hasil survei Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0623/Cilegon.

"Kita membangun ini dari hasil survei sebelum TMMD dilaksanakan, ini bagian dari program kita," kata Komandan Kompi, Kapten Mulyadi.

Pembangunannya dilakukan oleh tentara dibantu warga sekitar. Selama pembangunan, nenek Sarfiah diungsikan di rumah saudaranya.

"Target selesai sampai akhir Juli, karena TMMD ini kan sebulan yah," ujarnya.

OPINI
Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:11

TANGERANGNEWS.com-Peran pengawas adalah penjamin terselenggaranya pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No.28 tahun 2018. Pengawas memiliki fungsi baik fungsi akademik maupun fungsi manajerial.

MANCANEGARA
232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:30

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 232 warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penyekapan dan penipuan di Kamboja.

TEKNO
Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:12

TANGERANGNEWS.com-Samsung Galaxy A23 5G siap diluncurkan karena telah diumumkan Samsung. Spesifikasi ponsel pintar dari lini Galaxy A23 series yang sangat canggih ini bikin naksir.

SPORT
Real Madrid Sukses Juarai UEFA Super Cup ke-5

Real Madrid Sukses Juarai UEFA Super Cup ke-5

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Laga Real Madrid vs Eintracht Frankfurt digelar di Helsingin Olympiastadion, Helsinki, pada Kamis, 11 Agustus 2022, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill