Connect With Us

1.000 Masyarakat Adat di Lebak Banten Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:47

| Dibaca : 318

Suku Baduy Dalam. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 1.000 masyarakat adat di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten akan divaksinasi COVID-19. Mengingat kelompok masyarakat tersebut dianggap rentan terhadap penularan virus, karena interaksi mereka dengan orang-orang yang kerap keluar-masuk ke lingkungan mereka.

Hal ini juga sebagai upaya ini untuk memastikan agar masyarakat atau komunitas adat serta generasi penerusnya, mampu bertahan dari pandemi. Sehingga mereka bisa beraktivitas khususnya dalam menjaga wilayah adat.

Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Kemendikbud-Ristek, Sjamsul Hadi mengatakan, inisiatif pemberian vaksin untuk masyarakat adat dipersiapkan melalui rapat koordinasi yang melibatkan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah terkait, dan LSM.

Dalam pelaksanaan vaksinasi masyarakat adat, semua pihak saling bekerja sama seperti Pemerintah Kabupaten Lebak, Mandalawangi, Persatuan Urang Baduy (PUB), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Pemberian vaksin bagi masyarakat adat mendapat respons yang positif dari berbagai pihak terkait," kata Sjamsul, seperti dilansir dari Medcom, Jumat 15 Oktober 2021.

Selain diharapkan dapat memutus rantai dan mencegah penyebaran COVID-19, Kegiatan vaksinasi kepada masyarakat adat merupakan salah satu upaya pemenuhan hak-hak mereka sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Dan dapat membuka akses kesehatan bagi seluruh masyarakat adat di Indonesia,” kata Sjamsul.

Selain pemberian vaksin, juga dilakukan sejumlah aksi seperti penanaman bibit pohon dan juga penyerahan sarana penunjang kesehatan seperti masker, sabun cuci tangan hingga vitamin, serta penunjang pendidikan bagi masyarakat adat.

OPINI
Era Baru Demokrasi Electoral di Indonesia – Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 

Era Baru Demokrasi Electoral di Indonesia – Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:21

TANGERANGNEWS.com-Sebagaimana kita ketahui bersama, sejak tahun 2021 hiruk pikuk mengenai kapan berlangsungnya Pemilihan Umum 2024 begitu ramai diperbincangkan bahkan sampai pada obrolan di warung kopi

WISATA
Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:57

TANGERANGNEWS.com –Merebaknya isu bakal adanya tsunami di Cilegon akhir-akhir ini sangat mempengaruhi tingkat pesanan hotel atau okupansi di wilayah Pantai Anyer dan sekitarnya di Kabupaten Serang

BANTEN
Serikat Buruh Kembali Unjuk Rasa di KP3B, Gelar Istighosah Akbar

Serikat Buruh Kembali Unjuk Rasa di KP3B, Gelar Istighosah Akbar

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:25

TANGERANGNEWS.com-Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja yang tergabung dalam Gerakan Aliansi buruh dan pekerja Banten kembali menggelar unjuk rasa di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman