Connect With Us

Waduh, Orang Meninggal di Lebak Banten Menang Pilkades

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 25 Oktober 2021 | 17:11

| Dibaca : 1574

Ilustrasi Pilkada. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pria bernama Jakaria, menang telak dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) di Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu, 24 Oktober 2021.

Padahal, almarhum telah meninggal 12 hari sebelum hari pencoblosan Pilkades serentak itu berlangsung

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Jakaria mendapatkan 2.550 suara. Sedangkan kompetitornya, Rasnata, meraih 926 suara.

Meski telah wafat, Pemkab Lebak tetap akan melantik Jakaria sebagai Kepala Desa Muara Dua. Namun selanjutnya, dia akan diberhentikan dan digantikan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Muara Dua.

"Berdasarkan aturan, baik Permen maupun Perbup, bahwa pemenang tetap dilantik, namun diberhentikan dan ditunjuk Pjs," kata Kepala DPMD Lebak, Babay Imroni seperti dilansir dari Liputan6, Senin 25 Oktober 2021.

Mekanismenya, panitia pilkades tingkat kecamatan akan membuat laporan hasil pemilihan ke BPD, kemudian camat menyurati Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Bupati nantinya akan menentukan pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Muara Dua.

Sukmajaya, Camat Cikulur mengatakan Pjs Kepala Desa Muara Dua hanya bersifat sementara, sehingga nanti akan diputuskan oleh Bupati Lebak, apakah akan diikutsertakan dalam pilkades serentak tahun 2022 atau ada kebijakan lainnya.

"Kalau calon kades hanya ada dua peserta, lalu  calon satu meninggal dan menang pemilihan. Calon nomor urut dua tidak bisa langsung dijadikan pemenang," katanya.

Hal ini berdasarkan ketentuan perda. Kecuali jika calonnya lebih dari tiga orang. Jika meninggal satu, masih ada sisa 2 calon lagi.

"Ketika cakadesnya meninggal dan menang suara terbanyak, maka dalam perda itu (suara terbanyak) tidak dihitung suaranya karena tidak sah. Jadi (pemenang) jatuhnya ke kompetitor yang mendapat suara kedua terbanyak," ujar Sukmajaya.

BANDARA
Pesawat Tujuan Bali Gagal Landing Balik ke Bandara Soetta, Penumpang Ngamuk

Pesawat Tujuan Bali Gagal Landing Balik ke Bandara Soetta, Penumpang Ngamuk

Senin, 6 Desember 2021 | 16:13

TANGERANGNEWS.com-Penumpang pesawat tujuan Jakarta-Bali ngamuk setelah gagal landing lantaran cuaca buruk. Kericuhan tersebut terjadi saat pilot pesawat Super Air Jet memutuskan untuk kembali ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

KAB. TANGERANG
Personel Gabungan Polri dan TNI Pastikan Keamanan PLTU 3 Lontar Kemiri Tangerang 

Personel Gabungan Polri dan TNI Pastikan Keamanan PLTU 3 Lontar Kemiri Tangerang 

Senin, 6 Desember 2021 | 11:01

TANGERANGNEWS.com - Personel gabungan dari Polri dan TNI menggelar patroli di seluruh kawasan PLTU 3 Lontar Extension di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang untuk memastikan keamanan objek vital pada Minggu 5 Desember 2021

TEKNO
Diluncurkan Awal 2022, Intip Spesifikasi Realme 9

Diluncurkan Awal 2022, Intip Spesifikasi Realme 9

Senin, 29 November 2021 | 15:44

TANGERANGNEWS.com-Seri Realme 9 rencananya akan diluncurkan secara global pada Januari 2022. Ponsel pintar yang dibuat Sky Li, produsen asal Shenzen, Cina ini akan menggantikan seri Realme 8i

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin