Connect With Us

Waduh, Orang Meninggal di Lebak Banten Menang Pilkades

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 25 Oktober 2021 | 17:11

Ilustrasi Pilkada. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pria bernama Jakaria, menang telak dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) di Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu, 24 Oktober 2021.

Padahal, almarhum telah meninggal 12 hari sebelum hari pencoblosan Pilkades serentak itu berlangsung

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Jakaria mendapatkan 2.550 suara. Sedangkan kompetitornya, Rasnata, meraih 926 suara.

Meski telah wafat, Pemkab Lebak tetap akan melantik Jakaria sebagai Kepala Desa Muara Dua. Namun selanjutnya, dia akan diberhentikan dan digantikan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Muara Dua.

"Berdasarkan aturan, baik Permen maupun Perbup, bahwa pemenang tetap dilantik, namun diberhentikan dan ditunjuk Pjs," kata Kepala DPMD Lebak, Babay Imroni seperti dilansir dari Liputan6, Senin 25 Oktober 2021.

Mekanismenya, panitia pilkades tingkat kecamatan akan membuat laporan hasil pemilihan ke BPD, kemudian camat menyurati Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Bupati nantinya akan menentukan pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Muara Dua.

Sukmajaya, Camat Cikulur mengatakan Pjs Kepala Desa Muara Dua hanya bersifat sementara, sehingga nanti akan diputuskan oleh Bupati Lebak, apakah akan diikutsertakan dalam pilkades serentak tahun 2022 atau ada kebijakan lainnya.

"Kalau calon kades hanya ada dua peserta, lalu  calon satu meninggal dan menang pemilihan. Calon nomor urut dua tidak bisa langsung dijadikan pemenang," katanya.

Hal ini berdasarkan ketentuan perda. Kecuali jika calonnya lebih dari tiga orang. Jika meninggal satu, masih ada sisa 2 calon lagi.

"Ketika cakadesnya meninggal dan menang suara terbanyak, maka dalam perda itu (suara terbanyak) tidak dihitung suaranya karena tidak sah. Jadi (pemenang) jatuhnya ke kompetitor yang mendapat suara kedua terbanyak," ujar Sukmajaya.

NASIONAL
10 Tips Aman Dan Efektif Dalam Melakukan Senam Lansia

10 Tips Aman Dan Efektif Dalam Melakukan Senam Lansia

Kamis, 28 Maret 2024 | 11:25

Senam merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat bagi lansia. Manfaat senam terbukti dapat mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, memperlambat demensia, serta mengurangi risiko terserang berbagai penyakit kronis,

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill