Connect With Us

Survei Gubernur Berpengaruh di Medsos, Wahidin Halim Peringkat ke-10

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 31 Desember 2021 | 13:26

Gubernur Banten Wahidin Halim. (@TangerangNews / dokumentasi Pemprov Banten)

TANGERANGNEWS.com-Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media melakukan survei Gubernur paling berpengaruh di media sosial (Medsos) tahun 2021. Survei dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) ini memaparkan daftar 10 Gubernur yang berpengaruh.

Dari daftar itu, salah yang masuk adalah Gubernur Banten Wahidin Halim. Mantan Wali Kota Tangerang dua periode ini berada di urutan terakhir atau ke-10 dengan jumlah 92.009 engagement (tingkat tanggapan netizen).

Peringkat pertama di tempati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 20.978.929 engagement. Penyebab Ridwan Kamil mendapat peringkat tertinggi karena sering membagikan opini personal terkait berbagai hal keseharian dengan gaya bahasa yang menarik, seperti dilansir dari Republika, Jumat 31 Desember 2021.

Selain itu juga, ia banyak memposting soal protokol kesehatan, serta menyampaikan berbagai kegiatan sebagai Gubernur di medsos. Postingan dengan tanggapan tertinggi yaitu postingan tentang istrinya yang sembuh dari Covid-19.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, keberhasilan ini didorong oleh konsistensi Ridwan Kamil sejak menjabat sebagai calon walikota hingga saat ini, menyampaikan berbagai hal melalui media sosial dengan tampilan dan bahasa yang menyasar anak muda.

“Engagement tertinggi dari Ridwan Kamil berasal dari platform Instagram, yang banyak menggunakan bahasa visual,” katanya.

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 12.865.349 engagement. Ganjar Pranowo banyak mengunggah kegiatan sebagai Gubernur, termasuk kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah dan aktivitas blusukan ke berbagai wilayah.

Ia juga menjawab persoalan keseharian seperti urusan harga telor melonjak, hingga urusan warung makan enak. Postingan Ganjar yang mendapat tanggapan tertinggi adalah postingan tentang sang istri, yang dianggap netizen sebagai “bucin”.

Daya tarik Ganjar untuk anak muda di antaranya mengajak interaksi netizen melalui capture gambar untuk diberikan “caption” terbaik, sampai urusan mbak-mbak yang pingin dapat jodoh orang Jawa Tengah, hingga urusan main game dapat duit.

“Ganjar juga membagikan bergabungnya kembali Ronaldo ke Manchester United yang langsung menarik perhatian fans MU. Intensitas Ganjar di media social meningkat pesat di tahun ini, selain Instagram engagement Ganjar terbanyak berasal dari platform tiktok,” ujarnya.

Gubernur Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan 12.801.310 engagement. Angle postingan yang mendapat engagement tertinggi dari Anies di antaranya diskusinya dengan para buruh, latihan perdana sepak bola di JIS, serta postingan ucapan selamat ulang tahun untuk Prabowo Subiyanto.

Tak hanya itu, Anies juga banyak membagikan update tentang penanganan pandemi di Jakarta, sering mengunggah ucapan bela sungkawa dan apresiasi kepada organisasi maupun tokoh publik.

Sementara itu, peringkat ke lima hingga sembilan masing-masing ditempati Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dengan 1.242.014 engagement, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum 251.315 engagement, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman 243.421 engagement,  Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru 149.531 engagement,  Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji 134.753 engagement.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill