Connect With Us

Di Banten, Hanya Empat Daerah yang Boleh Vaksin Ketiga

Tim TangerangNews.com | Rabu, 12 Januari 2022 | 21:34

| Dibaca : 827

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (@TangerangNews / Farmalkes.kemkes)

TANGERANGNEWS.com–Program vaksinasi dosis ketiga atau booster pelaksanaannya dimulai serentak pada Rabu ini, 12 Januari 2022. Untuk Provinsi Banten, saat ini hanya empat daerah saja yang boleh mulai melaksanakan vaksinasi penguat itu.

Keempat daerah itu yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang.  “Capaian (vaksinasasi sebelumnya) untuk remaja sudah di atas 70 persen dan vaksinasi ke lansia sudah di atas 60 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Rabu 12 Januari 2022, seperti dikutip dari Detik.

Adapun vaksinasi dosis ketiga untuk warga Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Serang hingga saat ini belum bisa dilakukan karena capaian vaksinasi di wilayah tersebut masih rendah.

Ati menyebutkan, untuk lansianya di daerah-daerah tersebut masih di bawah 60 persen. Syarat mendapatkan vaksin booster adalah capaian vaksinasi suatu daerah secara menyeluruh. Khususnya vaksinasi bagi lansia dan masyarakat rentan dengan immunocompromised.

"Dan untuk lebih antisipasi penularan khususnya Omicron, kita dapat memperkuat imunitas dengan vaksin booster," lanjut Ati.

Menurut Ati, secara umum vaksinasi di Provinsi Banten sudah mencapai 7,4 juta untuk dosis pertama. Jumlah itu adalah 81 persen dari target pemerintah sebanyak 9,2 juta orang.

Adapun untuk dosis kedua sudah sebanyak 5,7 juta orang atau 55 persen. Sedangkan untuk vaksin ke lansia mencapai 75,6 persen atau vaksinasi ke 486 ribu lansia. "Namun ada empat kabupaten kota tadi yang dosis pertamanya meski sudah mencapai 60 persen namun lansianya masih di bawah 60 persen," tutur dia.

Sementara itu di KabupatenTangerang, Pemkab setempat belum mendapat petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Banten. Meski demikian, persiapan pelaksanaan vaksinasi booster di wilayah Kabupaten Tangerang sudah dikomunikasikan dan dikoordinasikan secara matang dengan seluruh pihak.

MANCANEGARA
Perhatikan, Omicron Punya Gejala yang Hanya Muncul di Malam Hari

Perhatikan, Omicron Punya Gejala yang Hanya Muncul di Malam Hari

Senin, 3 Januari 2022 | 15:31

TANGERANGNEWS.com-Varian Covid-19 Omicron dapat menyebabkan pasien mengalami gejala yang hanya terjadi pada malam hari. Seorang dokter di Inggris mengklaim varian baru ini menyebabkan beberap

SPORT
Kalah dari Bali United, Pelatih Persita Sebut Wasit Kurang Fair

Kalah dari Bali United, Pelatih Persita Sebut Wasit Kurang Fair

Selasa, 18 Januari 2022 | 23:06

TANGERANGNEWS.com-Kekalahan Persita Tangerang dalam pertandingan ajang Liga 1 melawan Bali United, pada Senin 17 Januari 2022 kemarin, dinilai akibat kinerja

TANGSEL
24 Kg Ganja Gagal Diselundupkan di Tangsel, Polisi Ringkus 8 Pelaku

24 Kg Ganja Gagal Diselundupkan di Tangsel, Polisi Ringkus 8 Pelaku

Jumat, 21 Januari 2022 | 23:43

TANGNEWS.com-Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan kilogram narkotika jenis ganja, yang bakal diedarkan di wilayah Tangsel dan sekitarnya

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman