Connect With Us

Wagub Banten Bawa Tanah Baduy ke Ritual IKN

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 14 Maret 2022 | 23:20

Wakil Gubernur Banten Handika Hazrumy membawa air dan tanah asal Baduy dan Keraton Surosowan untuk ikut diserahkan dalam ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin 14 Maret 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Gubernur Banten Handika Hazrumy membawa air dan tanah asal Baduy dan Keraton Surosowan untuk ikut diserahkan dalam ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin 14 Maret 2022.

Tanah itu lalu disatukan dengan tanah dan air dari 33 provinsi lainnya di Indonesia sebagai simbol persatuan bangsa.

Andika Hazrumy mengatakan, pengambilan tanah dan air dari kedua tempat itu, berdasarkan kajian yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten bersama para ahli sejarah dan para ahli kebudayaan.

"Ini hasil konsultasi kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan para ahli kebudayaan dan sejarah sehingga terpilih Baduy dan Keraton Surosowan sebagai tanah dan air yang spesifik sebagai akar kebudayaan dan sejarah masyarakat Banten," katanya seperti dilansir dari Viva.

Dalam ritual tersebut, air dimasukkan ke dalam kendi, kemudian tanah disimpan dalam tembikar. Kedua tempat terbuat dari tanah, kerajinan tangan asli masyarakat Banten. 

Nantinya tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia, akan digabungkan ke dalam sebuah tempat bernama Kendi Nusantara dalam sebuah ritual budaya.

"Sebelum pelaksanaan ritual budaya Kendi Nusantara, kita mengikuti arahan dari Bapak Presiden," ujar Andika.

Kehadirannya di IKN menurut Andika untuk mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim. Namun tidak dijelaskan mengapa WH tidak datang ke pertemuan tersebut.

"Saya mewakili Pak Gubernur akan menghadiri undangan Pak Presiden, yang akan menggelar kegiatan Kendi Nusantara di IKN," katanya.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill