Connect With Us

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dibangun PLN di Banten

Tim TangerangNews.com | Rabu, 16 Maret 2022 | 16:18

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Angin. (@TangerangNews / dok PLN)

TANGERANGNEWS.com – Kerja sama strategis dilakukan PT PLN (Persero) untuk pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah Banten.  PLN menggandeng Badan Pembangunan Prancis (AFD) untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin atau PLTB dengan total estimasi kapasitas 200 megawatt di Banten.

“Pengembangan PLTB Banten akan menambah kapasitas pembangkit energi terbarukan dalam mencapai target bauran energi dan pengurangan emisi karbon,” kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Rabu 16 Maret 2022.

Menurut Darmawan,  upaya tersebut merupakan salah satu komitmen PLN dalam mencapai target bauran energi yang juga sejalan dan penurunan emisi global. PLTB Banten ini berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 540 ribu ton karbon dioksida per tahun.

“Untuk tahap awal PLN sudah melakukan studi pra-kelayakan pembangunan PLTB di Pandeglang, Banten. Potensi angin yang bisa dikelola di wilayah itu mencapai 350 megawatt,” ungkap Darmawan.

Ia menjelaskan, pekerjaan proyek tersebut akan dimulai pada 2022 ini dan ditargetkan bisa sepenuhnya beroperasi pada 2025. "Kami sudah menyelesaikan pra-feasibility study pada 2020. Ini merupakan salah satu pilot project pembangunan PLTB pertama di Jawa-Bali, sehingga proyek ini sangat penting," ujarnya.

AFD kerap bekerja sama dengan Indonesia dalam mendorong terciptanya energi bersih dan pengurangan emisi karbon di Indonesia. Pada kerja sama dengan PLN kali ini, AFD akan membantu PLN dengan menyediakan bantuan teknis berupa studi kelayakan dan pengembangan kapasitas PLN untuk teknologi yang relatif baru dalam bentuk perjanjian kemitraan untuk pengembangan PLTB Banten sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap transisi energi di Indonesia.

"Kerja sama ini tak hanya mempersiapkan PLTB agar berjalan optimal tetapi juga menyiapkan sumber daya manusia PLN agar meningkatkan kapasitas dengan mentransfer pengetahuan dari Badan Pembangunan Prancis," tutur Darmawan.

Disebutkan, hingga 2021 kapasitas terpasang PLTB di Indonesia mencapai 131 megawatt atau 0,2 persen dari bauran energi. Targetnya pada 2025 mendatang dengan masuknya PLTB Banten ini, maka tingkat bauran energi terbarukan khususnya di sektor pemanfaatan angin bisa meningkat hingga 7,7 persen.

Sementara itu, Direktur Jenderal AFD Remy Rioux mengatakan, pihaknya akan mendukung PLN  dalam mengembangkan PLTB.  Proyek PLTB dapat disiapkan dengan cara yang benar termasuk mitigasi potensi risiko lingkungan, sosial, dan teknis menggunakan praktik terbaik.

“Studi ini akan menjadi bagian dari persiapan proyek infrastruktur yang sedang dipertimbangkan untuk dibiayai oleh AFD, bersama dengan mitra Lembaga-lembaga Eropa lainnya jika diperlukan," ujar dia.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill