Connect With Us

Ada Gerhana Matahari di Wilayah Banten Saat Ramadan 2023, Catat Tanggalnya

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 7 April 2023 | 09:26

Ilustrasi gerhana matahari (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Penghujung bulan Ramadan tahun ini bakal ada fenomena gerhana Matahari hibrida pada, Kamis 20 April 2023.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gerhana Matahari hibrida merupakan fenomenaa alam yang terjadi jika Matahari, Bulan, dan Bumi berada tepat segaris.

Fenomena gerhana Matahari hibrida dapat disaksikan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Banten meliputi Tangerang dan sekitarnya.

Melansir dari detik.com, wujud dari gerhana Matahari hibrida merupakan gabungan dari gerhana Matahari total dan gerhana Matahari sebagian.

Sehingga Matahari akan terlihat seperti cincin yang gelap pada bagian tengah di sejumlah wilayah, sementara di tempat lain akan tampak tertutupi penuh oleh bulan.

Adapun di provinsi Banten, gerhana Matahari hibrida dapat disaksikan pada pukul 9.28 WIB dengan magnitudo gerhana tertentu.

Sementara itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menanggapi perihal gerhana Matahari hibrida tersebut dengan akan menggelar sejumlah eksperimen.

"BRIN akan melakukan 3 eksperimen kecil. Pertama perekaman fenomena gerhana. Kedua menghitung perubahan laut dari terang menjadi gelap dan sebaliknya, Ketiga berkaitan dengan TNI AL, " ujar Kepala Pusat Riset Antariksa BRIN Emanuel Sungging Mumpuni seperti dikutip dari okezone.com, Jumat 7 April 2023.

Menurutnya, eksperimen tersebut bergunan untuk menguji mekanisme komunikasi TNI Angkatan Laut ketika tengah terjadi gerhana.

"Kami mencoba melihat perubahan dinamika ionosfer. Kenapa menjadi penting? karena berhubungan pada komunikasi AL. Apakah (gerhana) mengganggu," katanya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill