Connect With Us

Jangan Sembarangan, 6 Tips Aman Mengamati Gerhana Matahari 2023

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 12 April 2023 | 01:39

| Dibaca : 228

Ilustrasi gerhana matahari (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Gerhana merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk diamati, namun perlu diingat bahwa melihat gerhana matahari secara langsung dapat berbahaya bagi mata dan kesehatan Anda. 

Pasalnya, Radiasi ultraviolet dan inframerah yang dihasilkan oleh matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda jika tidak diamati dengan benar. 

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, di Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana matahari hibrid, yakni perpaduan antara gerhana matahari total dan sebagian akan terjadi tahun ini, tepatnya pada 20 April 2023 mendatang.

Sementara untuk wilayah Banten akan mendapati gerhana matahari sebagian dengan puncak gerhana pada pukul 10.43 WIB.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, terdapat beberapa tips tentang cara aman untuk mengamati gerhana matahari.

1. Gunakan Kacamata Khusus Gerhana Matahari

Salah satu cara paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah dengan menggunakan kacamata khusus gerhana matahari. Kacamata ini terbuat dari bahan khusus yang dapat memfilter radiasi yang berbahaya bagi mata Anda. 

Pastikan kacamata yang Anda gunakan memenuhi standar ISO 12312-2 dan membeli dari produsen yang terpercaya. Jangan menggunakan kacamata biasa, kaca mata hitam, atau filter cahaya rumah tangga karena tidak cukup aman untuk melihat gerhana matahari.

2. Gunakan Filter Solar

Selain kacamata khusus gerhana matahari, Anda juga dapat menggunakan filter solar. Filter solar adalah bahan yang dapat menahan sinar matahari dan dapat ditempatkan di depan lensa kamera atau teleskop. 

Pastikan Anda menggunakan filter solar yang dirancang khusus untuk pengamatan gerhana matahari, karena filter biasa tidak cukup untuk melindungi mata Anda dari radiasi matahari.

3. Gunakan Teleskop atau Kamera

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman pengamatan gerhana matahari yang lebih baik, Anda dapat menggunakan teleskop atau kamera. 

Namun, pastikan Anda menggunakan kacamata khusus gerhana matahari atau filter solar yang tepat untuk melindungi mata Anda. Jangan mencoba melihat gerhana matahari langsung melalui teleskop tanpa kacamata khusus atau filter solar, karena radiasi matahari dapat merusak mata Anda.

4. Hindari Menggunakan Peralatan yang Rusak

Pastikan bahwa kacamata khusus gerhana matahari atau filter solar yang Anda gunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jangan menggunakan kacamata atau filter yang tergores atau retak, karena radiasi matahari masih dapat merusak mata Anda.

5. Jangan Melihat Matahari Langsung

Ini mungkin tampak jelas, tetapi pastikan Anda tidak melihat matahari secara langsung tanpa perlindungan yang cukup. Melihat matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda dan dapat mengakibatkan kebutaan. 

Meskipun gerhana matahari dapat membuat matahari terlihat kurang terang, tetap jangan mencoba melihatnya tanpa kacamata atau perlindungan matahari yang tepat.

6. Amati Gerhana Matahari Secara Online

Jika Anda tidak dapat mengamati gerhana matahari secara langsung karena kondisi cuaca atau lokasi Anda, Anda dapat mengamati gerhana matahari secara online melalui situs web atau aplikasi yang menyediakan siaran langsung gerhana matahari.

Itulah beberapa tips cara mengamati gerhana matahari agar aman untuk kesehatan mata. Selamat mencoba!

BANDARA
Modus Jadi Petugas Leasing, Pelaku Curanmor di Bandara Soetta Tangerang Ditangkap 

Modus Jadi Petugas Leasing, Pelaku Curanmor di Bandara Soetta Tangerang Ditangkap 

Senin, 18 September 2023 | 13:26

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 10 pelaku curanmor dari dua kelompok berbeda yang kerap beraksi di wilayah Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang diamankan polisi.

KOTA TANGERANG
 Kawasan Pasar Lama Tangerang Kebakaran saat Ramai Pengunjung, 8 Ruko Ludes

Kawasan Pasar Lama Tangerang Kebakaran saat Ramai Pengunjung, 8 Ruko Ludes

Sabtu, 23 September 2023 | 02:00

TANGERANGNEWS.com-Kebakaran terjadi di kawasan kuliner Pasar Lama, Jalan Kisamaun, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, hingga menghanguskan delapan ruko, Sabtu 23 September 2023, malam.

HIBURAN
10 Tips Memilih Bahan Berkualitas untuk Pengayam Ayaman

10 Tips Memilih Bahan Berkualitas untuk Pengayam Ayaman

Kamis, 21 September 2023 | 20:07

TANGERANGNEWS.com- Dalam menghasilkan karya pengayam ayaman yang berkualitas dan tahan lama, pemilihan bahan baku yang tepat adalah kunci utama.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill