Connect With Us

Penting, Simak 6 Tips Aman Mudik Pakai Motor

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 19 April 2023 | 10:03

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu 27 April 2022. BMKG Jumat ini mengeluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. (@TangerangNews / Antara)

TANGERANGNEWS.com- Memasuki masa cuti bersama libur lebaran 2023, para pemudik mulai memadati jalur-jalur area arus mudik.

Salah satunya seperti puluhan pemudik yang mengendarai sepeda motor untuk menyeberang ke Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

Dalam video unggahan @info_ciledug, tampak para pemudik yang mengendarai sepeda motor membawa barang bawaan dan beberapa berboncengan, Rabu 19 April 2023, dini hari.

Mudik menggunakan sepeda motor kerap dipilih para pemudik lantaran dinilai tidak memakan biaya yang terlalu besar. Selain itu, sepeda motor dianggap lebih menunjang mobilitas untuk melewati jalur-jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di jalur utama.

Berikut adalah tips aman mudi menggunakan sepeda motor:

1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Periksa kondisi mesin, kelistrikan, ban, rem, dan sistem kelistrikan sepeda motor Anda. Pastikan semua berfungsi dengan baik sebelum berangkat. Perjalanan yang jauh membutuhkan kendaraan yang prima untuk menghindari kerusakan di tengah jalan.

2. Persiapkan perbekalan yang cukup 

Bawa air minum, makanan ringan, dan obat-obatan yang diperlukan, seperti obat sakit kepala atau obat perut. Selalu perhatikan kondisi kesehatan Anda selama perjalanan.

3. Pakai perlengkapan keselamatan

Pakai helm yang sesuai dengan standar keselamatan, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman dan aman. Pastikan Anda memakai pakaian yang terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain di jalan.

4. Pilih rute yang aman

Pilih rute yang aman dan sesuai dengan kemampuan mengemudi Anda. Pastikan Anda mengetahui kondisi jalan, seperti keadaan cuaca dan kondisi lalu lintas, sebelum berangkat.

5. Istirahat dan tidur cukup

Istirahat dan tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Jangan terlalu memaksakan diri dan berhenti sejenak untuk istirahat dan merilekskan tubuh saat merasa lelah.

6. Patuhi aturan lalu lintas

Selalu patuhi aturan lalu lintas dan jangan terlalu mengebut di jalan. Pastikan Anda selalu berada pada jalur yang aman dan menghindari kecelakaan yang bisa terjadi.

Perlu diingat bahwa keselamatan adalah yang terpenting. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi kendaraan, diri sendiri, dan lingkungan sekitar saat melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

SPORT
Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Kamis, 25 April 2024 | 01:31

Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten yang akan dihelat di Kota Tangerang pada 8 Juni 2024 mendatang, proses pendaftaran bagi para peserta masih dibuka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill