Connect With Us

Antisipasi Inflasi Jelang Idul Adha 2024, Pemprov Banten Pantau Kenaikan Harga 20 Komoditas

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 4 Juni 2024 | 21:53

Pj Gubernur Banten Al Muktabar usai Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa 4 Juni 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang momen Hari Besar Keagamaan Idul Adha 2024, pihaknya melakukan antisipasi kenaikan harga 20 komoditas pangan yang memicu kenaikan angka inflasi di daerah.

"Sebentar lagi ada hari besar keagamaan, di mana tingkat kebutuhan akan mengalami peningkatan. Maka kita akan terus menggiatkan hal-hal untuk mengantisipasi kenaikan harga," kata Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa 4 Juni 2024.

Sedangkan komoditi yang kerap menjadi penyumbang inflasi di Provinsi Banten, di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai merah, dari daging, daging ayam ras, telur dan lainnya yang masuk dalam 20 komoditas pangan.

Pada aspek pangan khususnya beras, Provinsi Banten sebagai daerah yang berkontribusi pada pangan secara nasional.

"Beberapa waktu lalu sampai saat ini masih panen raya, sehingga beras relatif mulai terkendali," kata Al Muktabar.

Al Muktabar mengatakan tingkat inflasi di Provinsi Banten cukup terkendali dengan baik. Tercatat, inflasi year on year (y-on-y) Banten pada Mei 2024 sebesar 2,86 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,05.

"Sebelumnya inflasi Provinsi Banten cukup fluktuatif. Saat ini kita telah mendekati situasi yang baik di 2,86 persen," ungkapnya.

"Artinya ada penurunan yang signifikan, kita intens menggerakkan langkah-langkah bersama dengan Bupati dan Walikota," sambungnya.

NASIONAL
Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Sabtu, 7 September 2024 | 21:39

Pemerintah akan menerapkan kebijakan pembatasan distribusi BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar, yang rencananya berjalan efektif pada Oktober atau November 2024.

KOTA TANGERANG
Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Jumat, 6 September 2024 | 23:01

Warga Cipondoh, Kota Tangerang digegerkan penemuan mayat pasangan suami-istri (pasutri) di dalam rumahnya, pada Kamis 05 September 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill