Connect With Us

PLN Banten Gelar Pelatihan Membatik di Cilegon Banten 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 2 Juli 2024 | 10:54

PLN UID Banten menggelar Program Kawasan Batik di Kelurahan Cibeber, Kota Cilegon, Banten (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Salah satu inisiatifnya adalah Program Kawasan Batik di Kelurahan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, untuk membantu kelompok wanita dalam produksi batik melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan, program ini adalah upaya berkelanjutan yang dimulai sejak 2023 dan telah mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat.

"Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan potensi batik lokal," ujar Abdul Mukhlis.

Pelatihan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan motif Batik Smoke menggunakan teknik cap dan pewarnaan celup yang menghasilkan efek warna berasap. Produk yang dihasilkan dari motif ini antara lain daster. 

Selain itu, ada pelatihan pembuatan pola batik ikat celup atau Batik Shibori, yang dihasilkan dalam bentuk produk seperti sarung bantal, taplak meja, dan jilbab.

Abdul Mukhlis menambahkan, kelompok difabel juga dilibatkan dalam pelatihan membuat batik tulis dan cap.

Selain pelatihan dan pembinaan, PLN UID Banten juga memberikan bantuan berupa peralatan membatik dan menambah alat cap motif. Alat cap ini dirancang khusus untuk menjadi motif unggulan di setiap kawasan batik di Kelurahan Cibeber, Kota Cilegon. 

Diharapkan dengan adanya motif unggulan ini, setiap kawasan batik memiliki identitas dan daya tarik tersendiri yang membedakannya dari kawasan lain.

NASIONAL
Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Bangun Kerja Sama dengan 28 Perusahaan

Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Bangun Kerja Sama dengan 28 Perusahaan

Kamis, 4 Juli 2024 | 12:37

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) menandatangani 30 Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 28 mitra usaha pada Rabu, 3 Juli 2024.

BANDARA
Liburan Sekolah, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Capai 183 Ribu

Liburan Sekolah, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Capai 183 Ribu

Selasa, 2 Juli 2024 | 20:24

TANGERANGNEWS.com-Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang mengalami lonjakan selama periode liburan sekolah.

HIBURAN
Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Kamis, 4 Juli 2024 | 11:14

Film bergenre thriller A Quiet Place: Day One menampilkan peran seekor kucing bernama Frodo yang berusaha bertahan hidup di New York City yang dilanda serangan alien.

TANGSEL
Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hotel All Nite & Day Tangsel yang Tewaskan 3 Karyawan

Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hotel All Nite & Day Tangsel yang Tewaskan 3 Karyawan

Rabu, 3 Juli 2024 | 16:18

Penyelidikan kasus kebakaran Hotel All Nite & Day di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menewaskan tiga karyawan masih terus berlangsung.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill