Connect With Us

Hari Nelayan Internasional, Nippon Paint Cat 150 Kapal Nelayan di Banten

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 5 Juli 2024 | 15:44

Ratusan kapal nelayan di Serang, Banten mendapat bantuan cat dari Nippon Paint dalam merayakan Hari Nelayan Internasional pada Sabtu, 29 Juni 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Melihat peran nelayan yang begitu besar bagi ketahanan pangan bangsa Indonesia, Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi memberikan dukungannya melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR).

Bertepatan dengan Hari Nelayan Internasional pada Sabtu, 29 Juni 2024, Nippon Paint melakukan aksi nyata dengan mendonasikan 1.115 liter cat Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling, guna peremajaan 150 kapal peserta rempug nelayan di Kebupaten Serang, Provinsi Banten.

Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan dengan produk-produk Nippon Paint yang berkualitas tinggi, peremajaan melalui pengecatan kapal nelayan diharapkan dapat memperindah tampilan kapal.

"Sehingga membuat kapal tampak lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang," ujarnya melalui siaran pers, Jumat 5 Juli 2024.

Topan menerangkan lebih detail bahwa cat Bee Brand 1000 adalah cat enamel premium berbahan dasar resin alkyd dengan keistimewaan tampilan akhirnya yang mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat.

Dengan produk ini badan kapal dapat maksimal terlindungi dari korosi air laut dengan tampilan warna yang  lebih hidup.

“Selain itu, kapal-kapal juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip,” imbuhnya.

Dengan aksi kolaborasi bersama dengan HNSI yang dapat memberikan banyak manfaat bagi para nelayan, Nippon Paint berharap ke depannya melalui program CSR pengecatan kapal nelayan dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah pesisir lainnya di Indonesia.

“Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan potensi-potensi dari kawasan tersebut sehingga semakin memberikan dampak yang berkelanjutan. Tak hanya bagi nelayan namun juga bagi Masyarakat pesisir di Indonesia,” pungkas Topan.

Sabihis, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Serang mengatakan keberadaan nelayan di Indonesia sangatlah penting karena telah memberikan kontribusi besar dalam sektor perikanan negara ini. Bahkan disebut sebagai salah satu pejuang panga.

Melihat pentingnya peran nelayan dan bertepatan dengan diperingatinya Hari Nelayan Internasional atau setiap tanggal 29 Juni, maka HNSI menyelenggarakan Syukuran Nelayan Kabupaten Serang 2024 dengan mengusung semangat "Nelayan Sejahtera Negara Kuat".

"Ratusan nelayan bersukacita merayakan dengan berpawai dan arak-arakan di sepanjang perairan laut utara tepatnya di Kepuh Margagiri, Kampung Cikubang, Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten," katanya.

Kampung Cikubang yang terletak di Kabupaten Serang, merupakan salah satu daerah produksi perikanan yang penghidupannya bergantung pada hasil laut.

“Melalui perayaan ini, HNSI Kabupaten Serang sebagai organisasi nelayan ingin merealisasikan aspirasi masyarakat nelayan serta mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan, pemberdayaan nelayan dalam menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan dalam bidang perikanan," tambah Sabihis.

Selain itu juga, untuk menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama masyarakat Nelayan, pihaknya terus memperkuat hubungan yang dapat diandalkan antara komunitas nelayan, pedagang, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

"Untuk membangun sektor perikanan yang menguntungkan dan berkelanjutan, serta meningkatkan eksistensi masyarakat nelayan di Kabupaten Serang,” jelas Sabihis.

Menanggapi dukungan yang sangat positif dari Nippon Paint untuk Masyarakat Nelayan di Cikubang, Ali Musrofi, ketua komunitas nelayan Cikubang mengucapkan rasa terima kasihnya.

Ia berharap dengan kondisi kapal yang lebih baik, nelayan menjadi semakin bersemangat dan tangkapan ikannya pun semakin maksimal sehingga terwujud kesejahteraan ekonomi kerakyatan.

"Mewakili para nelayan yang telah mendapatkan bantuan cat dari Nippon Paint, kami sangat berterima kasih karena pengecatan dengan menggunakan cat yang berkualitas tinggi dari Nippon Paint ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kapal sebagai sarana utama nelayan untuk mencari ikan," ujarnya.

WISATA
Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Jumat, 6 September 2024 | 11:40

Salah satu hotel bintang tiga di Kota Tangerang telah resmi melakukan rebranding, yakni memperbarui nama dan fasilitasnya demi meningkatkan kenyamanan tamu.

BANDARA
 Bandara Soekarno-Hatta Sukses Kawal Kedatangan dan Kepulangan Paus Fransiskus

Bandara Soekarno-Hatta Sukses Kawal Kedatangan dan Kepulangan Paus Fransiskus

Jumat, 6 September 2024 | 12:47

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sukses mengawal kedatangan dan kepulangan Paus Fransiskus.

BANTEN
Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 22:39

Kafilah Provinsi Banten menampilkan Leuit Baduy pada Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXX Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

OPINI
Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Sabtu, 7 September 2024 | 21:28

Potret buram wajah pendidikan di negeri ini masih saja menjadi sajian media massa. Sebagaimana baru-baru ini diberitakan (Kompas.tv/25-07-2024) bahwa Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah, di Desa Bojongloa, Tangerang, Banten

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill