Connect With Us

Yuk Cari Tahu, Simak Cara Akses Informasi Publik Bapenda Banten

Fahrul Dwi Putra | Senin, 16 September 2024 | 07:07

Gedung kantor Bapenda Provinsi Banten (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Masyarakat kini bisa lebih mudah mengakses informasi seputar Bapenda Banten, termasuk layanan terkait Samsat? Untuk mempermudah permohonan informasi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten telah menyediakan mekanisme yang jelas. 

Simak langkah-langkah berikut ini agar bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara tepat.

Langkah-langkah Akses Informasi Publik Bapenda Banten

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir permohonan informasi. Formulir ini tersedia secara online melalui website resmi Bapenda Banten. Pastikan Anda mengisi data dengan benar untuk mempermudah proses verifikasi.
  2. Setelah mengajukan permohonan, petugas terkait akan meregistrasi permohonan Anda. Proses ini penting untuk memastikan bahwa permohonan Anda terdaftar dengan benar dalam sistem.
  3. Setelah registrasi selesai, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan memberikan pemberitahuan tertulis terkait status permohonan Anda. Informasi ini bisa berupa konfirmasi bahwa permohonan diterima atau keterangan terkait proses lebih lanjut.
  4. Jika permohonan Anda sesuai, Bapenda akan memberikan informasi yang Anda minta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semua proses dilakukan secara transparan dan profesional.
  5. Namun, apabila informasi yang diminta tidak memenuhi ketentuan atau terdapat halangan hukum, PPID berhak menolak permohonan tersebut. Penolakan ini juga disampaikan secara tertulis kepada pemohon.
  6. Jika merasa keberatan dengan keputusan penolakan, Anda sebagai pemohon bisa mengajukan keberatan kepada atasan PPID untuk mempertimbangkan ulang permohonan informasi.
  7. Proses dinyatakan selesai ketika informasi telah diberikan atau keputusan akhir mengenai permohonan telah disampaikan.

Layanan informasi publik seperti yang disediakan Bapenda Banten memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi secara transparan.

Hal ini juga dilakukan untuk mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan akuntabel.

BANDARA
Sebanyak 2.474 WNI Digagalkan Berangkat Jadi Pekerja Ilegal, Paling Banyak ke 3 Negara Ini

Sebanyak 2.474 WNI Digagalkan Berangkat Jadi Pekerja Ilegal, Paling Banyak ke 3 Negara Ini

Rabu, 18 September 2024 | 16:18

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta mencatat terlah menggagalkan keberangkatan 2.474 calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) non prosedural ke Luar Negeri, sepanjang periode Januari-September 2024.

KOTA TANGERANG
Bocah 7 Tahun Jatuh dari Apartemen Modernland Tangerang Tewas, Orang Tua Diperiksa

Bocah 7 Tahun Jatuh dari Apartemen Modernland Tangerang Tewas, Orang Tua Diperiksa

Rabu, 18 September 2024 | 23:05

Bocah berusia 7 tahun yang terjatuh dari lantai 8 Apartemen Modernland Tower Hijau, Kelapa Indah, Kota Tangerang, pada Senin 16 September 2024, malam, dinyatakan tewas.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

BISNIS
Baru Bangun Bisnis? Coba 5 Keuntungan Paid Promote di Instagram 

Baru Bangun Bisnis? Coba 5 Keuntungan Paid Promote di Instagram 

Rabu, 18 September 2024 | 14:23

Perkembangan era digital yang serba cepat ini, pemilik bisnis perlu memanfaatkan berbagai platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan paid promote di Instagram.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill