Connect With Us

4 Cara Tepat Memakan Bakmi Agar Makin Lezat

Redaksi | Jumat, 9 April 2021 | 09:31

Tirta Lie, seorang pecinta sekaligus pakar bakmie. (tribunnews.com / tribunnews.com)

 

TANGERANGNEWS.com-Pernah mendengar ada seseorang yang telah memakan bakmi sampai 1.000 jenis bakmi? Kalau kita mungkin sudah kekenyangan jika makan bakmi sebanyak itu.

Emang siapa sih yang sudah makan lebih dari 1.000 jenis bakmi? ia adalah Tirta Lie, seorang pecinta sekaligus pakar bakmie.

Tirta lie sendiri sudah pernah mencoba bakmi di 1.000 tempat penjualan bakmi di Jakarta. Maka dari itu, tidak heran jika ia telah mengetahui bakmi mana yang enak dan kurang enak di lidahnya.

Bahkan Tirta Lie mendapatkan rekor MURI atas usahanya mencoba makan 1.000 bakmi di lokasi berbeda.

Tapi, Tirta Lie tidak mau disebut pakar bakmi, ia mengaku sebagai pecinta bakmi saja.

Awalnya, Tirta Lie hanya iseng kulineran dan lama kelamaan menjadi ketagihan juga. Seminggu kemudian, Tirta Lie bisa memakan bakmi sebanyak tiga mangkok.

Biasanya kita hanya akan makan bakmi yang dinilai enak menurut kita saja tanpa mencoba bakmi di tempat yang lainnya. Ya kan?

Nah, berkat pengalamannya ini, Tirta Lie akhirnya menemukan tips yang bisa meningkatkan cita rasa bakmi ketika dimakan.

 Memakan Mie Terlebih Dahulu Sebelum Toping dan Lainnya*

Ketika makan bakmi usahakan untuk menyantap mienya terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa merasakan mienya sebelum lidah kita tercampur dengan bumbu dan rasa yang dihasilkan dari bumbu bakmi tersebut.

Tapi, tidak perlu sampai habis juga, sisanya bisa kita makan dengan dicampur antara mie dan topingnya.

Kenapa seperti itu? Tirta Lie mengatakan bahwa ketika kita memakan topingnya terlebih dahulu, maka lidah kita sudah tercampur dengan bumbu-bumbu dari toping daging yang sangat kuat tersebut. Karena biasanya aroma dan rasa bumbu dari toping lebih kuat dari pada mienya.

*Memilih Toping Bakmi Sesuai Keinginan*

Seperti yang kita tahu, seiring berkembangnya kuliner bakmi di Indonesia. Tentu saja sekarang ada banyak jenis varian bakmi dari mulai bakmi toping ayam yang sudah biasa, toping jamur, ayam kampung, bakmi dengan olahan cita rasa khas jawa dan lain sebagainya.

Makanya, agar kita semakin bergairah dan merasakan kenikmatan saat menyantapnya adalah memilih toping yang tepat sesuai kesukaan kita.


Jika kita lebih condong lidah jawa, maka bakmi dengan olahan khas masakan jawa bisa meningkatkan cita rasanya. Jadi, pilihlah toping yang sesuai selera kita agar kita berselera dalam menikmatinya.

*Mienya Diaduk Sebelum Dimakan*

Cara berikutnya nih adalah mengaduk mienya terlebih dahulu sebelum disantap. Ketika bakmi disajikan terkadang penjual bakmi tidak mengaduk mienya.

Biasanya, mie berada di bawah dan toping berada di atas mienya. Aduknya secara merata ya.

*Jangan Dulu Campur Mie dengan Sambal dan Kecap*

Biasanya ketika kita membeli bakmi, penjual akan menyediakan sambal sebagai pelengkap. Memang akan terasa enak juga di tambah sambal, apalagi jika kita sangat menyukai pedas.

Tapi, jangan terburu-buru mencampurnya dengan sambal. Karena hal tersebut bisa mengubah cita rasa dari bakmi yang akan kita santap. Terasa enak, tapi rasa enak khas bakmi original akan hilang.

Bagaimana, mau mencoba cara makan bakmi yang disarankan Tirta Lie? Ingin mencoba bakmi enak tapi di daerah kita tidak terlihat ada penjual bakmi?

Jangan khawatir ya, karena sekarang kita bisa membeli bakmi tanpa harus kita keluar, berkeliling untuk mencari bakmi yang akhirnya tidak ditemukan.

Karena kadang masih ada beberapa daerah yang tidak ada penjual bakmi. Nah, jika kondisinya seperti itu bisa membelinya di bakmi Blibli.

Pokoknya di sana ada berbagai macam varian bakmi dari mulai toping ayam kampung, ayam biasa, jamur, daging bahkan bakmi dengan kombinasi olahan nusantara seperti bakmi jawa. Pokoknya komplit deh.

Ini kesempatan kita untuk mengikuti jejak Tirta Lie tanpa harus keliling keluar tapi kita keliling toko bakmi online, untuk mencoba berbagai macam bakmi yang ada di sana. Jangan ngaku seorang pecinta bakmi ya kalau tidak order sekarang.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill