Connect With Us

7 Manfaat Penggunaan Inhaler

Tim TangerangNews.com | Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:13

| Dibaca : 561

Inhaler. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Inhaler merupakan perangkat medis yang digunakan untuk mengantarkan obat melalui saluran pernapasan. Inhaler digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Inhaler sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni: 

1.Inhaler dosis terukur bertekanan (pMDIs), 

Cara penggunaannya yakni masukkan inhaler ke dalam mulut dan katupkan bibir dengan rapat pada corong, laliu tekan inhaler satu kali dan tarik napas melalui mulut perlahan. Biasanya inhaler jenis ini digunakan oleh pasien remaja hingga dewasa.

2.Inhaler bubuk kering (DPI), 

Pengunaan inhaler yang satu ini lebih mudah daripada penggunaan inhaler pMDIs yakni dengan menghirup langsung inhaler bubuk kering dari alatnya. biasa digunakan oleh anak-anak.

Adapun daftar manfaat dari penggunaan inhaler tersebut bagi saluran pernapasan, yakni.

1.Penghantaran obat secara langsung ke saluran napas;

2.Memperbaiki penghantaran obat ke paru-paru;

3.Melegakan saluran nafas sebab inhaler mengandung zat aktif menthol dan camphora yang mampu merelaksasi otot-otot pada saluran pernapasan;

4.Mengatasi hidung tersumbat akibat pilek, demam, atau infeksi pada saluran pernapasan bagian atas;

5.Mengendalikan asma dan mengurangi gejalanya;

6.Mengatasi sesak napas akibat menyempitnya saluran pernapasan; 

7.Pencegahan sesak napas yang dipicu olahraga;

8.Mengurangi peradangan yang terkait dengan COVID-19 yang parah;

9.Inhaler berpotensi untuk mempercepat penyembuhan pengidap COVID-19; dan

10.Penggunaan inhaler steroid pada pengidap asma dan PPOK mengurangi reseptor yang memungkinkan Sars-CoV-2 masuk ke paru-paru.

Dari sepuluh poin di atas, dapat disimpulkan bahwasannya penggunaan inhaler tak hanya pada penderita penyakit asma saja. Inhaler juga bisa dipakai untuk penyakit ringan seperti hidung tersumbat karena pilek dan flu, hingga penyakit berat seperti penyakit infeksi paru dan virus COVID19.

Berikut ini petunjuk penggunaan inhaler yang benar.

1.Lepaskan penutup dari mouth path;

2.Kocok inhaler agar obat merata campurannya;

3.Pegang inhaler menggunakan tiga jari yakni jempol, ibu jari dan jari tengah, keluarkan nafas maksimal, namun perlahan;

4.Letakkan mouth pieces inhaler dalam mulut dan rapatkan bibir;

5.Tarik nafas dan hisap inhaler bersamaan, tekan inhaler dan teruslah bernafas secara perlahan-lahan dan dalam; 

6.Lepaskan mouth pieces dari mulut Anda, tahan nafas selama 10 detik sebelum mengeluarkan nafas perlahan; dan

7.Lakukan selama 1-2 menit.

Pentingnya teknik yang benar dalam penggunaan alat inhaler akan memberikan dosis obat yang tepat ke jalan napas. Untuk itu, pastikan penggunaan inhaler sesuai dengan ke-7 poin di atas. Memang menggunakan inhaler dosis terukur tampaknya mudah dan sederhana, namun faktanya  banyak orang tidak menggunakannya dengan cara yang tepat. 

Selain penggunaan alat inhaler yang harus sesuai, cara membersihkan inhaler juga harus tepat. Caranya yakni lepaskan tabung logam dari corong plastik berbentuk L terlebih dulu, lalu bilas hanya corong dan tutupnya dengan air hangat, kemudian biarkan inhaler mengering di udara selama sehari semalam. Di pagi harinya, masukkan tabung kembali ke dalam dan pasang tutupnya. Hal yang perlu digarisbawahi ialah jangan bilas bagian lainnya!

Jangan lupa untuk mengeccek inhaler yang dimiliki, pastikan mengganti inhaler sebelum dosis yang ada didalamnya habis. Simpan inhaler pada suhu kamar agar inhaler tersebut dapat berfungsi dengan baik sebab obat berada di bawah tekanan. Oleh sebab itu, jaga inhaler hindarkan dari cuaca yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:41

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif

TEKNO
120.000 Video Konten Seksual Anak di YouTube Dihapus

120.000 Video Konten Seksual Anak di YouTube Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:39

TANGERANGNEWS.com-Lebih dari 120.000 video konten seksual eksplisit yang menampilkan anak-anak atau konten yang mengeksploitasi anak di bawah umur secara seksual dihapus oleh YouTube

NASIONAL
Pemerintah Turunkan Harga PCR Jadi Rp275 Ribu

Pemerintah Turunkan Harga PCR Jadi Rp275 Ribu

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:24

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah menurunkan harga maksimal tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang sebelumnya Rp495 ribu menjadi Rp275 ribu untuk di Jawa-Bali dan Rp300 ribu di luar pulau

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin