Connect With Us

Akibat HP Direset Pabrik yang Bisa Merugikan Pemiliknya

Tim TangerangNews.com | Jumat, 24 Desember 2021 | 15:08

Android Factory Reset. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-HP direset dari pabrik tidak selamanya selalu memberi keuntungan pada penggunanya. Kalian harus memikirkan dengan matang sebelum benar-benar mereset Hp kesayangan. Pasalnya langkah ini juga berpotensi memberi kerugian dan dampak tidak baik bagi Hp.

Sebagai pemilik, tentunya kalian ingin Hp selalu baik-baik saja. Namun pada saat atau kondisi tertentu Hp bisa saja mengalami penurunan performa. Sehingga langkah yang paling mudah untuk mengembalikan seperti semula yaitu dengan mereset Hp.

Penyebab penurunan performa Hp ini juga beragam, misalnya saja file yang sudah penuh. Hal ini bisa menghambat serta mengganggu kinerja Hp. Jika sudah seperti ini, kalian pun harus segera melakukan tindakan, salah satunya mereset Hp.

Seperti Apakah Dampak Mereset Hp ke Setelan Pabrik?

Mengutip artikel harapanrakyat.com, Reset pabrik atau factory reset sebenarnya bisa melindungi data dalam Hp kalian. Namun ada beberapa hal penting yang tetap harus kalian perhatikan saat memilih langkah ini. Karena pada saat proses mereset Hp, hal ini bisa saja mempengaruhi keseluruhan data kalian. Agar lebih jelas, simak mengenai dampak ketika mereset Hp berikut ini.

Terhapusnya Seluruh Data Dalam Memori Internal

Meskipun mereset Hp bisa mengembalikan performa Hp itu sendiri, namun langkah ini juga memberi kerugian pada kalian. Salah satu dampak yang paling sering terjadi adalah terhapusnya seluruh data di memori internal. Tak tanggung-tanggung, bahkan lagu, foto, kontak, maupun file-file penting lainnya akan hilang.

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya kalian lakukan back up data terlebih dulu. Sebelum memulai reset pabrik atau factory reset sebaiknya pilihlah data yang sekiranya penting dan harus kalian selamatkan.

Kemungkinan Hp Menjadi Terkunci

Ketika Hp selesai melakukan proses reset pabrik, dampak yang umum terjadi yaitu Hp menjadi terkunci. Sebelumnya, kalian akan menemukan sebuah fitur FRP (Factory Reset Protection) pada Hp Android. Fitur ini memungkinkan Hp kalian menjadi lebih aman saat melakukan proses reset.

Meskipun sudah menggunakan fitur ini, tidak menutup kemungkinan tetap akan mendapati masalah. Terlebih lagi jika tidak tahu akun Google yang kalian gunakan pada Hp.

Nah, agar saat mereset Hp tidak menimbulkan hal yang tidak kalian inginkan, sebaiknya lakukan pencegahan. Caranya dengan menghapus akun Android terlebih dulu sebelum melakukan reset. Tujuannya agar Hp tidak lagi terhubung ke salah satu akun kalian. Terutama jika kalian memiliki akun lebih dari satu.

Jika Proses Tidak Berjalan Lancar Bisa Mengakibatkan Bootloop

Meskipun reset pabrik efektif untuk menormalkan fungsi Hp, namun jika proses tidak berjalan sempurna bisa saja mengakibatkan kerusakan parah. Terutama pada bagian software sistem operasinya. Sehingga Hp menjadi tidak bisa melakukan booting atau bootloop.

Biasanya hal semacam ini bisa terjadi karena saat proses reset ternyata baterai lemah hingga mati. Nah, agar tidak terjadi bootloop, sebelum mereset pabrik pastikan dulu untuk mengisi daya baterai, setidaknya lebih dari 50 persen. Antisipasi dengan pengisian daya ini efektif untuk menghindari bootloop saat reset pabrik.

Logout Dari Seluruh Akun Sosial Media

Sebenarnya dampak ini tidak terlalu berbahaya. Karena kalian bisa log in kembali saat Hp selesai di reset pabrik. Namun, akan menjadi hal yang merugikan jika ternyata kalian tidak ingat dengan email dan password untuk mengakses akun tersebut.

Untuk itu, pastikan selalu untuk menyimpan maupun menulis ulang email dan password di buku. Tujuannya jika suatu saat ternyata Hp mengalami kerusakan, maka kalian tidak akan kehilangan akun sosial media.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill