Connect With Us

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tampak Seperti Baru Lagi

Tim TangerangNews.com | Rabu, 26 Januari 2022 | 03:04

Ilustrasi Cara Merawat Cat Mobil. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bagi sebagian besar orang, memiliki kendaraan yang selalu bersih dan mulus adalah suatu kebanggaan tersendiri. Tak harus kendaraan mewah, namun dengan tampilan yang bersih dan tanpa goresan pun kendaraan Anda akan tampak istimewa.

Sayangnya, kejadian-kejadian tak terduga sering kali terjadi di jalan raya sehingga membuat body dan cat mobil tergores. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sepele juga dapat membuat cat mobil menjadi tampak kusam dan tidak kinclong lagi.

Lantas, bagaimana cara merawat cat mobil agar selalu tampak seperti baru?

5 Cara Merawat Cat Mobil

Nah, berikut beberapa cara merawat cat mobil agar selalu terawat dan tampak seperti baru.

1. Parkir di Tempat Teduh

Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin jarang Anda sadari ternyata dapat membuat cat mobil memudar yaitu parkir di bawah sinar matahari langsung.

Meskipun beberapa perusahaan otomotif telah mengklaim jika cat yang digunakan memiliki kualitas ,tinggi, tetapi sinar UV dari matahari terbukti dapat merubah komposisi warna cat mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari parkir di area terbuka terlalu lama. Pilihlah tempat yang teduh jika Anda ingin parkir dalam waktu relatif lama, atau Anda juga bisa menggunakan penutup mobil sebagai pelindung cat.

2. Sabun Khusus Cuci Mobil

Saat kehabisan sabun cuci mobil, mungkin beberapa diantara Anda akan dengan mudah menggantinya menggunakan deterjen, sabun colek atau bahkan sabun cuci piring. Namun tahukah Anda, jika penggunaan sabun yang tidak sesuai juga dapat memudarkan cat mobil dan membuatnya tampak kusam.

Berbeda dengan sabun khusus cuci mobil yang memang dirancang sesuai dengan komposisi cat mobil. Sehingga, efek penggunaan sabun tersebut justru dapat membuat cat mobil tampak lebih berkilau.

3. Pilih Kain Halus

Setelah mobil dicuci bersih menggunakan sabun khusus, selanjutnya seluruh bagian mobil harus dikeringkan. Tetapi, pemilihan kain untuk membersihkan body mobil ternyata tidak bisa sembarangan.

Anda harus menggunakan kain halus untuk menghindari bekas goresan kecil pada permukaan cat mobil. Mengelap body mobil bagian luar juga harus dilakukan secara perlahan untuk mencegah adanya goresan akibat partikel debu kecil yang menempel di permukaan cat mobil.

4. Pasangkan Sarung Mobil Saat Malam Hari

Selain memilih tempat parkir yang teduh, terutama saat malam hari, cara merawat cat mobil selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan memasang sarung mobil setiap malam.

Hal ini berkaitan dengan embun, di mana embun yang dibiarkan terlalu lama pada permukaan body mobil dapat menyebabkan munculnya retak-retak kecil. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu keindahan eksterior mobil Anda.

5. Perawatan di Gerai Auto Detailing

Di samping melakukan perawatan secara pribadi dengan panduan di mobilku.org, Anda juga bisa turut mempercayakan keindahan body mobil Anda pada gerai auto detailing. 

Di sini mobil kesayangan Anda dapat dipoles dengan berbagai teknik sehingga tampak seperti baru pertama beli lagi. Hanya saja, pastikan jika gerai auto detailing yang Anda pilih sudah teruji kredibilitasnya.

Jangan sampai Anda salah memilih gerai auto detailing dan mobil kesayangan Anda tidak bisa mendapatkan perawatan sedetail mungkin.

Selain menerapkan beberapa cara merawat cat mobil di atas, pastikan jika Anda juga rutin melakukan perawatan mobil. Beruntungnya, kini sudah ada website mobilku.org yang akan memberikan berbagai info penting seputar mobil, mulai dari tips-tips sederhana dan masih banyak lainnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Kamis, 18 April 2024 | 10:23

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera - Jawa terbukti melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik selama melewati puncak mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill