Connect With Us

Catat 10 Tips Ini Sebelum Buka Bisnis Toko Bangunan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:45

| Dibaca : 120

Ilustrasi toko bangunan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Toko bangunan merupakan bisnis menjanjikan saat ini. Tentu saja sektor ini merupakan peluang emas untuk Anda yang memiliki jiwa bisnis.

Memulai langkah dengan memasuki usaha toko bangunan pada saat pembangunan dalam masa sedang gencar-gencarnya adalah langkah yang dinilai tepat.

Tetapi sayangnya, pandemi Covid-19 yang telah melanda selama beberapa tahun belakangan menjadi hambatan toko bangunan dalam berkembang dan memasarkan produknya.

Hal lain juga menjadi persoalan, yaitu persaingan dengan sesama pemilik usaha toko bangunan juga semakin ketat. Tidak bisa dipungkiri, dunia bisnis memang memiliki pola yang tidak bisa ditebak dan persaingannya pun sengit. Hanya mereka yang mau mampu berinovasi yang bertahan. Berikut tips mendirikan toko bangunan dengan lebih optimal:

 

1. Lokasi

Lokasi adalah peran yang sangat penting untuk sebuah toko bangunan. Sudah seharusnya, usaha ini dibangun pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Lokasi yang tepat untuk membuatnya pada pusat bisnis. Seperti halnya di dekat pasar atau bisa di pusat kota. Buatlah toko yang dengan ukuran besar dan memiliki halaman yang cukup luas.

Mengapa? Karena halaman bisa digunakan untuk parkir kendaraan pemasok bahan bangunan serta juga kendaraan yang mengantar bahan bangunan ke rumah pelanggan. Selain itu, halaman dapat juga digunakan untuk meletakkan pasir, batu, serta material lain. Jika mempunyai modal yang besar, Anda bisa membeli lahan lalu membangun toko di pusat kota. 

Tetapi apabila modal yang Anda punya tidak cukup besar, sewa lah ruko yang berada di lokasi strategis. Harga sewa akan lebih murah dibandingkan dengan biaya membangun toko dari awal.

 

2. Fasilitas Lengkap

Memulai bisnis toko bangunan tidak sama seperti toko pada umumnya. Setidaknya Anda harus mempunyai halaman yang luas. Halaman ini berfungsi untuk memudahkan pelanggan juga pemasok untuk memarkirkan kendaraan. Halaman juga bisa menjadi tempat untuk muat bongkar material. 

Anda juga bisa menyediakan satu sudut yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sediakan juga makanan kecil serta minuman yang dapat dibeli oleh para konsumen di toko milik Anda. Tak ada salahnya jika Anda juga menyediakan pula fasilitas toilet.

 

3. Harga Relatif Terjangkau

Membangun sebuah rumah, gedung ataupun bangunan lainnya membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, masyarakat mencari toko bangunan yang memberi  harga lebih murah guna menekan biaya. Lebih baik mencari pemasok yang memberikan harga lebih rendah dari pasaran. Tujuannya adalah agar Anda dapat menjual material dengan harga yang lebih rendah juga pada para pelanggan. 

Anda tidak boleh meremehkan persaingan harga antar toko. Toko yang menawarkan harga lebih tinggi bisanya tidak disukai oleh para pembeli. Sehingga kemungkinan besar usaha tersebut akan merugi. 

 

4. Barang Selalu On Stock 

Material yang dibutuhkan guna membangun sebuah rumah, gedung sangat banyak macamnya, seperti semen, pasir, batu bata dan besi fondasi, cat, keramik, kaca, dan berbagai bahan lainnya. Usahakan untuk selalu menyediakan bahan bangunan yang lengkap.

Hal ini akan memudahkan konsumen berbelanja agar tidak perlu berpindah ke toko lain. Konsumen juga akan lebih tertarik dengan toko yang menjual barang jauh lebih lengkap. Mereka dapat selalu teringat toko Anda ketika ingin membeli material bangunan apa pun.

 

5. Distributor

Untuk membangun toko bangunan yang sukses harus diawali mencari pemasok yang baik. Pemasok yang baik yaitu individu atau badan usaha yang bisa dipercaya juga memiliki reputasi baik. Untuk mendapatkan pemasok yang baik dan juga terpercaya, Anda bisa meminta rekomendasi dari pemilik toko yang lebih senior.

Toko Anda akan menjadi lebih sukses bila menjalin relasi dengan para kontraktor dan juga mandor. Karena dua profesi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan bisnis Anda. Tidak menutup kesempatan di masa yang akan datang Anda dapat menerima banyak pesanan dari mereka.

 

6. Pemasaran Toko

Toko yang sudah selesai dibangun harus melakukan pengiklanan agar dapat lebih dikenal masyarakat. Semakin gencar pengiklanan yang dilakukan, akan semakin banyak pula pelanggan yang akan datang. Promosi yang dilakukan harus bisa menarik dan membuat orang merasa terpanggil untuk belanja di toko Anda.

Ada begitu banyak macam cara yang bisa Anda tempuh. Seperti halnya melalui spanduk atau reklame di tepi jalan raya. Orang yang melintas akan melihat terdapat promosi toko Anda. Promosi juga perlu dilakukan di dunia maya dengan media sosial.

Bila memungkinkan Anda bisa membuat website untuk mempromosikan toko. Untuk lebih menarik, buatlah acara seperti halnya grand opening. Memberikan potongan harga pada beberapa jenis barang yang berpotensi untuk menarik perhatian para calon pelanggan.

 

7. Jadi Lebih Unggul dari Pesaing Usaha

Dalam hal persaingan sudah menjadi hal wajar dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan strategi bisnis yang sebaik mungkin. Tujuannya agar dapat unggul dalam persaingan. Berikanlah harga terjangkau kepada konsumen.

Pelanggan juga harus diberi perlakuan baik dan ramah agar tidak berpaling ke toko lain. Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi secara kontinu. Promosi sebaiknya tidak berhenti meskipun toko Anda sudah dikenal oleh banyak orang.

 

8 Jujur pada Pembeli 

Barang yang tersedia pada toko tentu saja memiliki kualitas berbeda-beda. Biasanya produk ini dikelompokkan pada dalam beberapa kelas berdasarkan kualitas yang dimiliki. Anda harus jujur pada pembeli mengenai kualitas barang. Apabila barang tersebut memiliki kualitas yang baik, katakanlah bahwa kualitas yang dimiliki memang baik.

Apabila kualitas barang memang kurang baik, Anda juga harus mengatakan hal yang sama kepada pelanggan. Biarkan pelanggan menentukan kualitas barang yang akan mereka beli.

 

9. Memberi Tambahan Layanan Menarik

Seperti dengan memberikan fasilitas parkir gratis dengan keamanan yang terjamin. Anda juga bisa menawarkan layanan gratis biaya untuk antar hingga sampai ke rumah pelanggan. Memberikan hadiah kecil pada momen tertentu untuk dapat menjaga kesetiaan pelanggan. 

Misalnya dengan memberikan kalender pada saat menjelang pergantian tahun. Anda juga bisa memberi bingkisan kecil ketika akan datang hari raya. Hal kecil seperti ini terkadang dianggap remeh namun sebenarnya sangat disukai oleh konsumen.

 

10. Pemasaran ke Seluruh Negeri dengan Ukur.com

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuka toko bangunan, lalu apakah anda menginginkan hal yeng lebih mudah dan ringkas untuk melancarkan bisnis Anda? Ukur.com memberikan solusinya.

Ukur.com adalah marketplace konstruksi terbaru di Indonesia. Pemasaran yang luas tentu saja membantu toko bangunan yang Anda miliki untuk menjual barang anda secara online. Semua kemudahan hanya dengan satu aplikasi saja. Dengan menggunakan marketplace konstruksi ini Anda dapat memasarkan seluruh produk Anda ke seluruh penjuru tanah air. 

Harga yang transparan, promosi, konsumen yang luas, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan anda tidak perlu memiliki toko terlebih dahulu untuk membuka usaha toko bangunan.

Bagaimana, Menggiurkan bukan? Gunakan Ukur.com marketplace konstruksi untuk pemasaran produk toko bahan bangunan anda yang lebih luas.

SPORT
Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:20

TANGERANGNEWS.com-Sebagai salah satu olahraga terbesar, sepak bola tidak bisa lepas dari suporter atau pendukungnya. Umumnya para suporter sepak bola sangat fanatik terhadap tim kesayangannya terutama supporter Indonesia.

HIBURAN
 Lama Menghilang, Band Nineball Hadir Kembali dengan Single Baru

Lama Menghilang, Band Nineball Hadir Kembali dengan Single Baru

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:02

TANGERANGNEWS.com-Band Nineball yang sempat melejit dengan single "Hingga Akhir Waktu” pada 2007, kini hadir kembali setelah lama menghilang dari dunia musik tanah air.

KAB. TANGERANG
Jalan Raya Cisoka-Jeungjing Tangerang Banjir, Banyak Motor Mogok

Jalan Raya Cisoka-Jeungjing Tangerang Banjir, Banyak Motor Mogok

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:08

TANGERANGNEWS.com-Banjir terjadi di Jalan Raya Cisoka-Jeungjing, Kabupaten Tangerang saat diguyur hujan deras, Kamis, 6 Oktober 2022 malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill