Connect With Us

Investasi di Kabupaten Tangerang Capai Rp8,5 Triliun, Paling Banyak 3 Sektor Ini

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:45

Desain hunian Bali Resort Tangerang di Jalan Raya Mauk Km 10, Kelurahan Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Website baliresorttangerang.com)

TANGERANGNEWS.com-Realisasi investasi di Kabupaten Tangerang pada semester 1 tahun 2022 mengalami peningkatan dengan total nilai mencapai Rp8,5 triliun. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pada semester pertama tahun 2021 yang mencapai Rp6,0 triliun.

Sektor yang paling banyak mendapatkan aliran penanaman modal yakni di Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran, dengan jumlah investasi mencapai Rp3,0 triliun Rinciannya PMA (Penanaman Modal Asing) Rp1,8 triliun dan PMDN (Pendanaan Modal Dalam Negeri) Rp1,2 triliun.

"Sedangkan, jika dilihat berdasakan jumlah proyek yang paling banyak ada di sektor Perdagangan dan Reparasi dengan jumlah proyek sebanyak 785,” ucap Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, Kamis 6 Oktober 2022.

Naiknya angka realisasi investasi tersebut dikarenakan di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang masih tersedia zona peruntukan industri seperti Tigaraksa, Cikupa, Balaraja, Pasar Kemis, Kosambi, Pakuhaji, dan lainnya)

Di sisi lain, Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Provinsi Banten ini juga diuntungkan dengan letak geografisnya yang sangat strategis sehingga cocok untuk destinasi investasi.

“Selain memiliki hamparan zona industri, kita memiliki bonus geografi dan demografi, karena dengan Pusat Ibu Kota sebagai Pusat Perekonomian Negara, dekat dengan Bandara Internasional, dekat ke Pelabuhan Laut dan Peti Kemas. Hal tersebut memberikan kemudahan untuk mobilisasi hasil produk, baik ke dalam maupun ke luar Kabupaten Tangerang,” kata Soma.

Dalam upaya untuk meningkatkan minat investor dan realisasi investasi, DPMPTSP Kabupaten Tangerang melakukan pemantauan, pengawasan, dan pembinaan kepada para pelaku usaha.

Tujuannya untuk melihat kelengkapan perizinan yang dimiliki perusahaan tersebut, serta melakukan pendampingan pembuatan LKPM karena masih banyak pelaku usaha yang belum memahami. 

Pendampingan ini juga didasari oleh Peraturan BKPM No 5/2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Pasal 5 Ayat ( c ) yang menyebutkan bahwa setiap pelaku usaha berkewajiban menyampaikan LKPM.

"Pembuatan LKPM tersebut dilakukan secara online melalui website oss.go.id, sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menyampaikan laporan dan memiliki dampak ganda terhadap peningkatan realisasi investasi daerah Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu, untuk peluang investasi di Kabupaten Tangerang sangat terbuka lebar bagi investor. Mengingat, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang melalui DPMPTSP menerapkan layanan perizinan berusaha secara elektronik, baik melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA), maupun melalui layanan perizinan elektronik milik daerah yaitu SIPINTER.

Berdasarkan data OSS, per tanggal 3 Juli 2022 jumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang ada sebanyak 14.419. Dengan adanya berbagai transparansi dan keterbukaan dalam memperoleh izin berusaha, pelaku usaha dan calon investor diharapkan segera mampu merealisasikan rencana investasinya di Kabupaten Tangerang.

"Apalagi proses permohonan izin berusaha dilakukan melalui sistem OSS yang terintegrasi sehingga prosesnya lebih mudah, cepat, transparan, dan kredibel,” ujarnya.

 

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill