Connect With Us

PLN Suplai 210 GWh Energi Hijau ke Perusahaan H&M Group

Fahrul Dwi Putra | Senin, 24 Juni 2024 | 10:27

Penandatanganan nota kesepahaman GEAS Dedicated Source antara Executive Vice President (EVP) Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN Nayusrizal, serta Regional Country Manager of China and South East Asia H&M Jessica Wilhelmsson. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dalam upaya mendukung dekarbonisasi sektor industri di Indonesia PT PLN (Persero) akan menyediakan pasokan energi hijau sebesar 210 Gigawatt hour (GWh) per tahun untuk perusahaan fesyen global H&M Group.

Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman Green Energy As Services (GEAS) Dedicated Source antara Executive Vice President (EVP) Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN Nayusrizal, serta Regional Country Manager of China and South East Asia H&M Jessica Wilhelmsson. 

Acara ini juga disaksikan oleh General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, yang bertanggung jawab menyediakan listrik hijau dedicated source untuk pabrik H&M di Jawa Barat pada Rabu, 19 Juni 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen dalam mengurangi dampak perubahan iklim dengan menyediakan listrik dari sumber energi ramah lingkungan.

"PLN mengapresiasi langkah H&M untuk ikut serta dalam menggunakan energi hijau PLN. Ini merupakan tonggak sejarah dalam upaya mendorong transisi energi dan keberlanjutan di industri fesyen tanah air," ujar Darmawan.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menjelaskan, layanan GEAS Dedicated Source yang akan digunakan oleh H&M Group pada tahun 2025 adalah layanan PLN untuk pelanggan industri yang memerlukan pasokan listrik hijau dari pembangkit energi terbarukan. 

Selain itu, layanan ini dilengkapi dengan Renewable Energy Certificate (REC) yang diakui secara internasional.

"Oleh karena itu, melalui penandatanganan ini, kami berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan energi hijau bagi H&M dan pabrik-pabrik mitranya," imbuh Edi.

Edi menambahkan, kerja sama ini mencerminkan visi bersama kedua pihak untuk masa depan yang lebih hijau dan komitmen nyata terhadap pembangunan berkelanjutan.

Regional Country Manager of China and South East Asia H&M Jessica Wilhelmsson mengungkapkan, H&M Group berkomitmen untuk bertransformasi menuju bisnis sirkular dan mendukung penggunaan energi bersih. 

Oleh karenanya, H&M bertekad untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam transisi energi dan mencapai perubahan sistemik di sektor industri.

"Pada kerja sama sebelumnya dengan PLN, lebih dari 30 pemasok kami telah menerapkan REC. Ini sebuah pencapaian besar yang hanya dapat dicapai melalui kolaborasi erat," ucap Jessica yang hadir bersama dua perusahaan mitra utama dari H&M Group.

Sementara itu, Manajer Senior untuk Energi dan Bisnis Berkelanjutan WRI Indonesia Clorinda Wibowo menyatakan, transisi energi di sektor industri adalah strategi kunci dalam pengurangan emisi nasional, mengingat mayoritas emisi berasal dari proses produksi barang dan jasa di industri.

Ia juga mengapresiasi langkah nyata PLN dalam mengakomodasi kebutuhan industri untuk bertransisi menuju energi bersih.

"Layanan GEAS Dedicated Source memberikan kepastian pembelian energi hijau dari sektor industri dan sekaligus dapat mendorong pembangunan pembangkit EBT di tanah air," pungkasnya.

Sebagai tambahan, acara ini juga dihadiri oleh World Resources Institute Indonesia (WRI Indonesia), lembaga riset independen yang mendukung pembangunan sosio-ekonomi nasional secara inklusif dan berkelanjutan. WRI Indonesia adalah mitra kerja PLN dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

OPINI
Kapitalisme Gagal Melindungi Anak dari Kejahatan, di Mana Peran Negara?

Kapitalisme Gagal Melindungi Anak dari Kejahatan, di Mana Peran Negara?

Jumat, 28 Juni 2024 | 17:44

Seakan tidak ada habisnya masalah kekerasan terhadap anak di negeri mayoritas muslim ini. Dilaporkan sebanyak 10.860 kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi sejak 1 Januari 2024.

TEKNO
Oppo A60 5G: Ponsel Cerdas dengan Teknologi Tinggi dan Performa Optimal

Oppo A60 5G: Ponsel Cerdas dengan Teknologi Tinggi dan Performa Optimal

Sabtu, 29 Juni 2024 | 21:26

Oppo memang telah menjadi salah satu top of mind brand handphone di Indonesia karena kualitas dan inovasinya yang selalu memukau para pengguna gadget maupun para pengamat teknologi.

TANGSEL
Motivasi Pelaku UMKM Tangsel, Gerai Lengkong Gelar Sarasehan Pagi Bersama Bunda Dewi Motik

Motivasi Pelaku UMKM Tangsel, Gerai Lengkong Gelar Sarasehan Pagi Bersama Bunda Dewi Motik

Senin, 1 Juli 2024 | 18:41

Gerai Lengkong mengadakan giat Sarasehan Pagi bersama DR Cri Puspa Dewi Motik Pramono, Aktifis Sosial-Entrepreneurship terkemuka di Indonesia.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill