Connect With Us

Gandeng DRP Paris, Fashion Show JF3 Pamerkan 70 Brand Lokal dan Internasional di Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 27 Juli 2024 | 14:18

Koleksi busana dari bahan baku limbah kain karya brand lokal Control New dan Setali Indonesia, di JF3 2023 Summarecon Mal Serpong (SMS) Tangerang, Rabu, 19 Juli 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Jakarta Fashion and Food Festival (JF3), salah satu festival model terbesar dan berpengaruh di Indonesia, bakal menggelar fashion show ke-20 nya di tahun ini.

Kali ini, JF3 menggandeng DRP Paris, yakni menghadirkan DRP Jakarta di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang.

“DRP Jakarta ini, sebuah festival budaya urban dan street culture dari Prancis, yang akan berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus 2024,”ungkap Soegianto Nagaria, Chairman JF3, Sabtu 27 Juli 2024.

Kali ini cita-cita JF3 pun masih sama, membawa brand lokal Indonesia bisa menembus pasar global.

Sebab, Soegianto menilai brand lokal yang termasuk dalam kategori UMKM seringkali memiliki keterbatasan akses dan modal, untuk bisa melakukan eksibisi di luar negeri. 

“Maka kali ini JF3 berinisiatif mendatangkan event berskala global ke Indonesia, dengan harapan bisa membuka kesempatan bagi lebih banyak brand lokal untuk berpartisipasi dalam pentas internasional. DRP Jakarta akan menegaskan bahwa industri dan trend mode kini tidak lagi terhambat batasan geografis,” terang Soegianto.

Menurutnya, kreativitas antar negara akan saling berinteraksi dan memberikan timbal balik yang saling menguntungkan. Publik Indonesia tidak hanya diperkenalkan kepada brand mode internasional yang sedang populer di kalangan muda internasional.

Tapi juga banyak brand lokal Indonesia akan dikenal oleh pelaku dan pemerhati mode global.

Soegianto menanbahkan, DRP Paris telah dikenal luas pecinta trend streetwear internasional, berlangsung di tengah masa penyelenggaraan Paris Fashion Week, yang tahun lalu bertempat di Jardin des Tuileries, Paris.

"Festival ini menjadi titik kumpul komunitas dan pelaku utama budaya urban dan street culture di Perancis, menampilkan busana streetwear, sneakers, live music, pertunjukan skateboard, dan street food,”ujarnya. 

 

70 Brand Streetwear Prancis Hadir di DRP Jakarta

Lebih dari sekedar perayaan, DRP juga memegang teguh filosofi Drop Culture, yaitu gerakan menentang fast fashion dengan merilis produk dalam jumlah terbatas dan pada periode tertentu. 

Thresia Mareta, Advisor JF3 menjelaskan membawa brand mode dari Prancis bukan hal yang mudah, karena merekamerupakan ekosistem mode yang sangat maju dan dikenal memiliki standar yang tinggi.

"Sehingga kami sangat bangga dan terhormat ketika Indonesia melalui JF3 terpilih dan dipercaya sebagai lokasi pertama di luar Prancis untuk menjadi tuan rumah DRP,” katanya.

Brand Prancis yang terpilih untuk hadir di DRP Jakarta saat ini sedang populer dan sangat diminati kaum muda. Bahkan kurasi brand Prancis yang akan hadir kali ini di DRP Jakarta lebih baik dibanding dengan DRP Paris tahun lalu.

DRP Jakarta membawa brand streetwear Prancis, yaitu Pablo T-Shirt Factory, Barriers Worldwide, Please Paulo Stop Cappin, dan A1 Denim.

Tidak kurang dari 70 brand lokal dan internasional yang akan berpartisipasi, semuanya melalui kurasi ketat oleh penyelenggara DRP Jakarta yang terintegrasi dengan DRP Prancis.

“Ada juga brand asal Indonesia yang sudah lolos akurasi di DRP Jakarta seperti Kick Avenue, LAKON Indonesia, Kanky, Untold, Bratpack, Denimitup, Rawtyperiot, juga Control New, brand streetwear dengan pendekatan berkelanjutan untuk produksi aksesori dan busana,” katanya.

 

Ada Demi Freestyle Streetball

Bukan hanya gelaran fashion show, ada juga berbagai pertunjukan dan aktivitas memacu adrenalin. Seperti demo freestyle streetball yang diisi oleh profesional dan skill 1 on 1 atau 2 on 2 bersama para selebriti, serta sesi bersama komunitas streetball. 

DRP Jakarta juga menghadirkan komunitas skateboard, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Talkshow, Free Skating, Public Skate Session, Game of Skate, Board Painting, Fashion Show with feature skaters, Vert Ramp Demo, dan Park Demo Session dari skater berpengalaman yang siap memukau pengunjung termasuk hadirnya atlet skateboard peraih medali internasional.

TOKOH
Innalillahi, Ismet Iskandar Mantan Bupati Tangerang Meninggal Dunia

Innalillahi, Ismet Iskandar Mantan Bupati Tangerang Meninggal Dunia

Rabu, 16 Oktober 2024 | 07:16

Kabar duka datang dari Tangerang. Bupati Tangerang selama dua periode, yakni 2003-2008 dan 2008-2013 Ismet Iskandar, telah berpulang ke rahmatullah pada Selasa malam, 15 Oktober 2024, di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang pukul 22.34 WIB.

TEKNO
Nggak Ribet, 5 Cara Perawatan Mobil Listrik

Nggak Ribet, 5 Cara Perawatan Mobil Listrik

Jumat, 18 Oktober 2024 | 08:20

Mobil listrik semakin populer dan mendapatkan perhatian besar di Indonesia. Pemerintah pun berencana memberikan subsidi untuk kendaraan ini, agar lebih banyak masyarakat yang beralih ke mobil ramah lingkungan.

MANCANEGARA
Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kamis, 26 September 2024 | 13:42

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengutuk serangan Israel ke Lebanon yang telah menimbulkan ratusan korban jiwa.

KAB. TANGERANG
Dorong Kerajinan Bambu ke Pasar Dunia, Pemkab Tangerang Gelar Festival Bambu Expo 2024

Dorong Kerajinan Bambu ke Pasar Dunia, Pemkab Tangerang Gelar Festival Bambu Expo 2024

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:06

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Festival Bambu Tangerang Expo 2024, di Hotel Yasmin, Binong, Kamis 17 Oktober 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill