Connect With Us

101 Movie Guide : Buku Wajib Pecandu Film

Dira Derby | Selasa, 28 Januari 2014 | 21:11

Cover Buku 101 Movie Guide (Istimewa / TangerangNews)


 
Oleh sebagian kalangan, film tak hanya dinilai sebagai salah satu sarana hiburan belaka. Film bisa dikaji lebih serius, terutama tentang apa yang sesungguhnya ingin diobrolkan sang filmmaker di filmnya hingga pesan apa yang bisa ditangkap oleh penonton didalamnya.

“Menariknya film karena merupakan kerja kolaboratif. Didalamnya banyak sekali elemen ilmu yang bisa dipelajari. Mulai dari sejarah, artistik hingga musik. Saya bahkan pernah tiba-tiba menyukai seorang penyair justru karena menonton film yang menggambarkan kisah hidupnya termasuk proses kreatif penciptaan karyanya, “ jelas Ichwan Persada selaku penulis buku 101 MOVIE GUIDE kepada www.TangerangNews.com.
 
Produser film La Tahzan dan Cinta/Mati ini pun menggagas penulisan buku yang berisi kumpulan 101 review film dari seluruh dunia itu. Buku tersebut digarap secara serius dengan mengumpulkan tulisan-tulisan Ichwan selama beberapa tahun terakhir. Lalu penyuntingan dilakukan komunitas Findie Makassar dan akhirnya diterbitkan oleh Nulis Buku, sebuah platform yang memungkinkan siapapun bisa menerbitkan bukunya sendiri.
 
Padahal ide menerbitkan buku 101 MOVIE GUIDE ini sesungguhnya sederhana. “Dulu saya sering kebingungan ketika ke toko DVD dengan ribuan judul film yang harus dipilih. Waktu itu berangan-angan seandainya ada semacam katalog yang bisa memudahkan pembeli seperti saya. Pada akhirnya malah saya berpikir akan jadi menarik jika ada buku yang selain mempermudah pecandu film seperti saya, juga bisa menambah wawasan mereka ketika membacanya, “ ujarnya tersenyum.
 
Setelah terbit, buku 101 MOVIE GUIDE mengundang respon positif dari berbagai kalangan. Dari kalangan film, diwakili Vino G Bastian, punya pendapat sendiri. “Dengan membaca buku ini, anak muda dapat wawasan untuk menulis review atau kritik film. Lagipula di buku ini, film Indonesia diletakkan sejajar dengan film dari berbagai belahan dunia lainnya, “ kata aktor yang kini menjajaki pekerjaan di balik layar sebagaiassociate producer.
 
101 MOVIE GUIDE direncanakan terbit setiap tahun. Dengan demikian selalu ada wawasan baru akan 101 film setiap tahunnya. “Sekarang saya mulai mencicil penulisan untuk edisi 2014. Sudah ada sejumlah tulisan yang siap dimasukkan, seperti ulasan 12 Years a Slave5 CM dan Zero Dark Thirty, “ tandas Ichwan.
 
 
 
BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

NASIONAL
10 Tips Aman Dan Efektif Dalam Melakukan Senam Lansia

10 Tips Aman Dan Efektif Dalam Melakukan Senam Lansia

Kamis, 28 Maret 2024 | 11:25

Senam merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat bagi lansia. Manfaat senam terbukti dapat mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, memperlambat demensia, serta mengurangi risiko terserang berbagai penyakit kronis,

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill