Connect With Us

Benarkah Hujan Bikin Galau Teringat Mantan? Ini Faktanya

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 11 September 2022 | 13:14

| Dibaca : 42

Ilustrasi galau. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Musim hujan telah melanda beberapa wilayah khususnya Tangerang. Banyak yang menilai hujan dapat tiba-tiba membangkitkan ingatan tentang kenangan terdahulu seperti masa-masa bersama mantan. Benarkah demikian?

Perubahan emosi akibat hujan tersebut bukan serta merta hanya kebetulan, ternyata secara psikologis hujan dapat membangkitkan emosional baik mendadak mellow, gloomy ataupun meningkatkan mood ketika melihat rintik hujan.

Menurut penelitian dari tim psikolog King’s Colllege London dan University of Southampton di Inggris, perasaan nostalgia karena hujan adalah bentuk upaya menahan tekanan dari cuaca buruk, seperti dilansir dari halodoc, Minggu, 11 September 2022, 

Bangkitnya memori akibat turunnya hujan timbul dari perasaan peningkatan harga diri, pikiran positif, hubungan antar sosial, dan optimisme terhadap hari berat akan dapat dilalui.

Sementara itu, penelitian dengan hasil berbeda diungkapkan dalam Journal of  Experimental Social Psychology. Dalam penelitiannya menyebutkan orang ketika berbelanja di saat hujan lebih berhati-hati dalam memilih belanjaannya, dibandingkan dengan orang yang berbelanja ketika hari cerah.

Penyebabnya, hujan dapat memicu suasana tertentu sehingga kewaspadaan seseorang dalam memutuskan sesuatu akan meningkat. Karena bisa saja dahulu pernah terjadi sesuatu saat hujan, sehingga seseorang akan lebih waspada untuk menghindari pengulangan peristiwa tersebut.

Suara yang ditimbulkan dari hujan ternyata dapat memicu mekanisme psikologis mulai dari refleks batang otak, perubahan mood tersebut ditentukan dari bagaimana otak mencerna apakah suara tersebut merugikan atau tidak.

Tetapi perubahan emosional pun dapat terjadi ketika melihat respon orang-orang di sekitar saat mendengarkan hujan. Misalnya akan ikut bersemangat ketika orang-orang di sekitarnya pun bersemangat begitupula dengan perasaan sedih.

Adapun kenangan di masa lalu saat turunnya hujan akan menentukan kondisi emosional di saat kini yang sangat personal. Misalnya, akan merasa gloomy sebab dahulu pernah punya pengalaman ditinggal kekasih saat turun hujan.

Bisa juga akan merasa berbunga-bunga karena pernah mengendarai sepeda motor dengan kekasih saat hujan deras layaknya adegan di film Dilan 1990.

KAB. TANGERANG
Jalan Raya Cisoka-Jeungjing Tangerang Banjir, Banyak Motor Mogok

Jalan Raya Cisoka-Jeungjing Tangerang Banjir, Banyak Motor Mogok

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:08

TANGERANGNEWS.com-Banjir terjadi di Jalan Raya Cisoka-Jeungjing, Kabupaten Tangerang saat diguyur hujan deras, Kamis, 6 Oktober 2022 malam.

NASIONAL
Peran 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Peran 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:56

TANGERANGNEWS.com-Kapolri Jenderal Listyo Sigit menetapkan enam orang tersangka dalam tragedi Kanjuruhan. Keenam tersangka ini memiliki peran dan tanggung jawab atas peristiwa maut itu.

WISATA
Bikin Ngiler, 4 Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba

Bikin Ngiler, 4 Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-Sebagai wilayah terbesar di Provinsi Banten, Tangerang Raya memiliki ragam keunikan. Salah satunya yaitu kuliner yang telah menjadi salah satu ikon Tangerang.

SPORT
Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:20

TANGERANGNEWS.com-Sebagai salah satu olahraga terbesar, sepak bola tidak bisa lepas dari suporter atau pendukungnya. Umumnya para suporter sepak bola sangat fanatik terhadap tim kesayangannya terutama supporter Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill