Connect With Us

Kebutuhan Hidup Naik Dampak BBM, Ini Tips Menghemat Pengeluaran

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 14 September 2022 | 15:10

Ilustrasi mengatur keuangan. (Istimewa / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menimbulkan efek domino dari bahan-bahan pokok hingga transportasi.

Masyarakat pun dituntut untuk pandai mengatur keuangannya. Sebab, naiknya kebutuhan pokok tidak diikuti dengan naiknya upah.

Ada baiknya mulai sekarang masyarakat harus mempertimbangkan untuk melakukan penghematan pengeluaran dengan manajemen yang baik. Berikut beberapa caranya:

Utamakan Biaya Makanan

Makan tentunya sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, karena itulah alangkah baiknya untuk mengutamakan pengeluaran di makanan. Buatlah rencana belanja makanan, belanja bahan makanan cukup satu minggu sekali dan tetapkan target anggaran pengeluaran yang tidak boleh dilampaui.

Jika Merayakan Ulang Tahun, Buatlah Sederhana

Ada kalanya disaat sulit seperti, anggota keluarga seperti anak atau pasangan yang berulang tahun meminta untuk dirayakan. Tidak perlu khawatir, untuk menghadapi hal tersebut cobalah membuat kenangan yang berkesan namun tetap tanpa biaya atau sekalipun perlu biaya tetapi dengan biaya murah, misalnya dengan menghabiskan waktu seharian di pantai atau mengadakan acara menginap sambil makan kue.

Tidak Perlu Malu Menggunakan Barang Bekas

Ini sangat penting, sebab kebanyakan orang cenderung mengutamakan gengsi hingga seringkali membeli barang-barang baru yang bermerek. Disaat segala kebutuhan naik seperti ini, sebaiknya cobalah untuk menggunakan barang-barang bekas. Tentunya, harga dari barang bekas tersebut bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan barang baru, biasanya dapat ditemui di situs-situs e-commerce.

Cari Alternatif Liburan Lebih Hemat

Liburan dan hiburan adalah dua momok menakutkan yang dapat menghabiskan anggaran biaya yang cukup besar, karena itulah penting untuk mencari alternative liburan yang lebih hemat. Cobalah untuk mengganti rencana liburan untuk menonton bioskop atau taman hiburan menjadi bersepeda bersama atau mengunjungi museum di hari tanpa tiket atau pilihlah museum dengan tiket termurah.

Batasi Pengeluaran Rumah

Pengeluaran di rumah adalah pengeluaran paling terbesar yang bisa saja menghabiskan penghasilan terutama untuk merawat peralatan-peralatan rumah. Hal yang dapat dilakukan misalnya bisa dengan menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak seperti mematikan AC ketika tidak digunakan atau justru beralih menggunakan kipas angin.

Beberapa cara di atas dapat digunakan untuk menekan pengeluaran bulanan karena kenaikan harga BBM yang berefek pada naiknya hamper seluruh kebutuhan harian.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill