Connect With Us

Tips agar Mobil Hemat BBM yang Patut Dicoba

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 16 September 2022 | 15:56

Ilustrasi mengisi bahan bakar. (Istimewa / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat orang akan berpikir dua kali ketika ingin menggunakan kendaraan roda empatnya.

Selain harganya yang lumayan tinggi, pengguna mobil pun tidak seluruhnya mendapat subsidi. 

Jika ingin mendapat subsidi harus direpotkan kembali dengan penggunaan aplikasi MyPertamina. 

Itu pun belum tentu mendapatkan subsidi, karena harus memenuhi kriteria tertentu.

Sementara itu, bahan bakar pada mobil menyesuaikan dengan beban yang ditampungnya, yakni mesin, penumpang, dan barang-barang lain di dalamnya,

Dilansir dari kanal Youtube Dokter Mobil Indonesia, Jumat, 16 September 2022, ada sejumlah tips sederhana yang patut dicoba untuk menghemat bahan bakar.

1. Naikkan Tekanan Angin Pada Ban

Isi angin sesuai dengan ketentuan, tetapi tambahkan sedikit satu sampai dua bar hal itu akan membuat ban menjadi lebih ramping ketika menempel di jalan, dengan begitu gaya gesekan yang ditimbulkan akan lebih sedikit sehingga beban dari mobil akan berkurang dan bahan bakar menjadi lebih irit.

2. Gunakan Oli Sedikit Lebih Encer

Encerkan sedikit oli yang digunakan sehingga beban dari mesin akan berkurang dan efisiensinya meningkat. Namun, dalam penggunaan sedikit oli encer ini ada catatan penting yang perlu dicatat. Mesin mobil akan menjadi lebih berisisk, lalu oli lebih rentan dengan penguapan, disarankan untuk rutin selalu mengecek oli mesin setiap pagi jangan sampai oli menguap tanpa diketahui.

3. Pastikan Kaca Film Benar-Benar Mampu Menolak Panas

Hal ini berhubungan dengan Air Conditioner (AC) mobil. Kaca Film berfungsi melindungi dari panas matahari. Jadi, ketika AC dinyalakan, yang dilawan yakni panas dari matahari. Ketika panas dari matahari masuk, dapat diketahui dengan memegang kaca apakah terasa panas atau tidak. Dalam kondisi tersebut AC akan bekerja seolah seperti dalam rumah kaca untuk mendinginkan kaca-kaca panas tersebut, artinya AC harus bekerja lebih ekstra sehingga penggunaan BBM akan bertambah. Karena itu disarankan untuk memakai kaca film yang benar-benar mampu menolak panas matahari agar tidak membuat AC mobil bekerja terlalu ekstra.

4. Kurangi Beban Bawaan Mobil

Bagi mobil yang memiliki tiga row dan hanya menggunakan satu atau dua row sehari-hari, alangkah baiknya untuk mencopot row paling belakang. Sebab, mobil membawa beban yang tidak perlu dengan berkurangnya beban bawaan mobil maka BBM yang digunakan akan lebih sedikit. 

5. Gunakan Anti Karat

Ada beberapa jenis anti karat seperti Rubber ataupun Aspal, fungsinya tidak hanya untuk anti karat selain itu dapat membantu menolak panas dan meredam suara Fungsi menolak panas dapat membantu kerja dari AC agar lebih mudah dalam mendinginkan suhu mobil. Beberapa cara diatas dapat digunakan untuk membantu menghemat BBM dikala kenaikan harga seperti saat ini dengan rasio pemakaian normal.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill