Connect With Us

Mengungkap Alasan Orang Indonesia Doyan Mi Instan

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 17 September 2022 | 18:44

Mi instan. (Istimewa / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Makanan yang terbuat dari adonan tepung direngangkan dan digulung sampai menjadi berbagai bentuk asal negeri Tiongkok ini memiliki tempat tersendiri di hati orang-orang Indonesia khususnya mi instan.

Bahkan keberadaan mi instan dianggap sebagai penyelamat di kala tanggal tua. Lebih dari itu, beberapa orang pun hingga membentuk komunitasnya sendiri di media sosial seperti contohnya grup facebook Dunia Mi Instan.

Lalu timbul pertanyaan, mengapa orang Indonesia sangat suka dengan mi instan. Dilansir dari Zenius.net, menurut The Jakarta Post, mi instan dan orang Indonesia seperti memiliki hubungan tersendiri, sebab rasa yang dihadirkan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Sementara itu, menurut American Society for Nutrition, kandungan MSG atau garam natrium penambah rasa pada mi instan dapat memberikan efek rasa kenyang bila dikombinasikan dengan proten. 

Sebab itulah orang Indonesia sangat suka dan merasa puas dengan sehingga kerap menjadikan mi sebagai salah satu makanan pokok.

Seiring waktu mi instan tersebut pun mulai dikreasikan dengan berbagai topping tambahan seperti telur dan bakso, lalu dari MSG itulah yang akan menambah rasa umami atau lebih gurih pada mi instan.

Dalam perkembangannya, disebutkan mi instan telah ada semenjak empat ribu tahun yang lalu, Menurut profesor Houyuan Lu dari Institut Geologi dan Geofisika dari Chinese Academy of Sciences, China, bukti paling awal dari mie yang pernah ditemukan berada di situs arkeologi Lajia berlokasi di barat laut China. 

Para arkeolog menemukan semangkuk mie kuning tipis yang diawetkan dan sudah kering, mangkuk tersebut terkubur di bawah batuan. 

Dalam penemuan tersebut Gary Crawford arkeolog dari University of Toronto, Kanada mengungkapkan, temuan mi tersebut terbuat dari biji millet atau biji sereal yang digiling menjadi tepung lalu menghasilkan adonan, setelahnya adonan itu ditarik dan diregangkan membentuk mi.

Penyebaran mi dimulai ketika para pedagang dari Cina pada abad 19 datang ke Jepang dengan membawa mi gandum, kemudian orang Jepang mengkreasikan versi mereka sendiri dan jadilah ramen. Kepopuleran mi semakin melonjak ketika perang dunia II 1939-1945 sebagai makanan alternatif para pasukan yang kelaparan.

Sama halnya dengan Indonesia, pedagang Cina pun membawa mi tersebut ke Indonesia, sampai akhirnya 1968 lahirnya mi instan pertama di Indonesia yakni Supermi, setahun kemudian 1969 lahir lah merek instan baru Indomie dengan varian rasa pertamanya kuah kaldu ayam.

Karena menuai kesuksesan, pada 1983 Indomie kembali mengeluarkan varian rasa baru yakni mi goreng. Varian mi goreng inilah yang paling populer hingga kini bahkan pernah dinobatkan sebagai mi instan terenak menurut Los Angeles Times pada 2019 dan New York Magazine pada 2021 lalu, yang menciptakan dan meracik bumbu-bumbu Indomie ini yakni Nunuk Nuraini yang telah meninggal pada 2021 lalu di usia ke-59.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill