Connect With Us

Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 4 Juli 2024 | 11:14

Frodo, kucing dalam film A Quiet Place: Day One (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Film bergenre thriller A Quiet Place: Day One menampilkan peran seekor kucing bernama Frodo yang berusaha bertahan hidup di New York City yang dilanda serangan alien. 

Meskipun ada beberapa aktor manusia dalam film ini yang dipimpin oleh pemenang Oscar Lupita Nyong’o, perhatian kali ini justru tertuju pada kucing yang mencuri hati para penggemar waralaba horor ini.

Sutradara sekaligus penulis naskah A Quiet Place: Day One Michael Sarnoski mengaku peran Frodo adalah taruhan besar dalam film ini. Sebab, Kucing terkenal sulit untuk diarahkan, dan Day One adalah proyek besar pertama Sarnoski di studio besar. 

Naskah yang ditulis bersama John Krasinski ini menempatkan Frodo di pusat momen-momen dramatis dan adegan aksi, dengan tujuan untuk tidak menggunakan CGI. Keberanian Sarnoski pun terbayar, dengan A Quiet Place: Day One mendapatkan ulasan yang sangat baik.

Sarnoski menyatakan bahwa Frodo muncul secara alami dari karakter Sam, yang diperankan oleh Lupita Nyong’o. 

"Seorang pasien hospice tidak selalu bertujuan untuk bertahan hidup selama akhir dunia, dan ini adalah kesempatan baginya untuk terhubung kembali dengan hidupnya. Frodo menjadi perpanjangan dari itu," kata Sarnoski dalam wawancara oleh Hollywood Reporter dikutip Kamis, 4 Juli 2024. 

Frodo, kucing jalanan yang pintar, menjadi peliharaan Sam dan menjadi satu-satunya hal yang dia bawa ketika meninggalkan kota saat hidupnya mendekati akhir.

Studio awalnya berpikir untuk menggunakan kucing yang dihasilkan komputer, tetapi Sarnoski bersikeras untuk menggunakan kucing sungguhan. 

"Semua orang mengira kami tidak akan bisa melakukannya dengan cara lama, tapi saya sangat senang kami berhasil," ujar Sarnoski. 

Dengan bantuan pelatih kucing yang luar biasa, dua kucing bernama Nico dan Schnitzel sukses memerankan Frodo.

Menariknya, Lupita Nyong’o awalnya ragu bekerja dengan kucing. "Lupita sangat takut pada kucing. Dia bukan hanya 'tidak suka.' Dia benar-benar ketakutan," jelas Sarnoski.

Namun, melalui keberaniannya, Nyong’o akhirnya mampu mengatasi ketakutannya dan bahkan mengadopsi kucing peliharaan sendiri.

Secara tematis, Frodo melambangkan koneksi Sam dengan masa lalunya dan jenis koneksi apa yang bersedia dia buat dengan orang lain. Frodo menjadi bagian besar dari koneksi Sam dengan Eric, seorang mahasiswa hukum yang diperankan oleh Joseph Quinn. 

Sarnoski mengungkapkan, adegan di mana Frodo menemukan Eric saat dia keluar dari kereta bawah tanah adalah salah satu yang paling menantang. 

"Itu adalah adegan yang sangat awal dalam pikiran saya yang ingin saya capai dengan sempurna," katanya. 

Adegan tersebut mencerminkan bagaimana Frodo hampir menghipnotis Eric saat dia dalam keadaan trauma, mendorong karakternya ke depan.

Ketika ditanya apakah ada versi di mana kucing tersebut tidak selamat, Sarnoski dengan tegas menjawab tidak. "Selalu masuk akal bahwa kucing tersebut akan bertahan. Jika Anda akan membunuh hewan, itu harus karena alasan yang sangat berarti," tegasnya.

Meskipun menggunakan kucing sungguhan dalam setiap adegan memberikan tantangan, Sarnoski merasa bahwa keterbatasan tersebut membawa keaslian dan kesenangan terbesar dalam film ini. "Saya ingin tidak yakin apakah sebuah ide akan berhasil atau tidak. Jika semuanya terasa aman, penonton akan merasakan itu dan saya akan bosan," ujarnya.

Dengan Frodo dan karakter lainnya yang mendapatkan ulasan positif, Sarnoski tidak menutup kemungkinan adanya sekuel Day One. 

"Saya tidak berpikir ada rencana yang sangat spesifik. Tapi saya tidak akan terkejut jika itu terjadi," kata Sarnoski.

TEKNO
TP-Link Kenalkan Solusi Jaringan dan Pengawasan Terintegrasi Terbaru di APAC Enterprise Partner Summit 2024 Bangkok

TP-Link Kenalkan Solusi Jaringan dan Pengawasan Terintegrasi Terbaru di APAC Enterprise Partner Summit 2024 Bangkok

Jumat, 5 Juli 2024 | 22:18

Sejak dikembangkan pada awal 2000-an artificial intelligence (AI) atau AI yang awalnya hanya sebuah konsep saat ini telah merambah berbagai sektor industri.

TANGSEL
Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Jadi Pendamping Marshel Maju Pilkada Tangsel

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Jadi Pendamping Marshel Maju Pilkada Tangsel

Sabtu, 6 Juli 2024 | 19:18

Partai Gerindra memasangkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria untuk maju sebagai calon wali kota-calon wakil wali kota mendampingi komika Marshel Widianto dalam kontestasi Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel).

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

WISATA
Festival Al-A'zhom Dimulai Akhir Pekan Ini, Ada 79 Tenant Kuliner 

Festival Al-A'zhom Dimulai Akhir Pekan Ini, Ada 79 Tenant Kuliner 

Jumat, 5 Juli 2024 | 12:06

Gelaran wisata religi tahunan, Festival Al-A’zhom 2024 di akan mulai digelar pekan ini, Sabtu, 6 Juli 2024 hingga dua pekan ke depan, tepatnya 17 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill