Connect With Us

Tak Bawa KTP di Tangerang, Ratusan Warga Terjaring Razia

Jangkar | Senin, 11 November 2013 | 13:24

Razia Kepemilikan KTP di Citra Raya, Kabupaten Tangerang. (Jangkar / TangerangNews)


TANGERANG-Ratusan warga terjaring razia karena tidak membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau operasi yustisi yang digelar di bundaran III Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang, Senin (11/11/2013).

Operasi Yustisi tersebut dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang melibatkan aparat Polri dan TNI. Kepala Seksi Pengawasan dan Penyuluhan Disdukcapil Kabupaten Tangerang Sujai mengatakan, operasi dilakukan untuk tertib administrasi.

"Mereka yang terjaring akan dikenakan sidang ditempat," ujar Sujai.

Sujai menjelaskan, operasi yustisi tersebut berdasarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2006 dan Perda nomor 7 tahun 2010 tentang tertib administrasi kependudukan.

"Bagi warga yang tidak membawa KTP disanksi maksimal Rp50 ribu," katanya.

Akibat sanksi tersebut, warga merasa dirugikan. Seperti yang dikatakan  salah seorang warga yang terjaring, yakni  Madsai, warga asal Bogor.


"Sangat keberatan,karena KTP saya ketinggalan di rumah," katanya.

Namun, Madsani menuturkan tidak memiliki uang untuk menebus sanksi yang dimintai aparat yang melakukan operasi. "Jadi terpaksa saya menghubungi teman yang berada di wilayah Kelurahan Mekar Bakti, untuk meminjamkan uang," katanya.

Menurut dia, dirinya semua yang terkena razia KTP pasti keberatan. "Saya rasa semuanya juga keberatan dan kecewa, bukan saya saja," tandasnya. Pantauan di lokasi, umumnya yang terjaring razia tersebut adalah buruh. "Sudah capek habis kerja, suruh bayar denda juga," ketus Santi, salah satu karyawan pabrik di dekat Mardigrass, Citra Raya. 
BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KAB. TANGERANG
Jelang Pilbup 2024, Parpol dan Ormas di Kabupaten Tangerang Diminta Jaga Etika Politik

Jelang Pilbup 2024, Parpol dan Ormas di Kabupaten Tangerang Diminta Jaga Etika Politik

Rabu, 24 April 2024 | 22:01

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang mengumpulkan perwakilan partai politik (parpol) dan organisasi masyarakat (ormas), menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

KOTA TANGERANG
Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Rabu, 24 April 2024 | 21:50

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang tahun 2024 bakal segera berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang pun telah membuka proses seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill