Connect With Us

TP PKK Kabupaten Tangerang Gelar HKG PKK Ke-42

Rusli | Selasa, 19 Agustus 2014 | 00:00

| Dibaca : 2531

TP PKK Kabupaten Tangerang Gelar HKG PKK Ke-42 (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG- Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-42 tahun, yang diselenggarakan di Pendopo Bupati Tangerang Jalan Kisamaun Kota Tangerang. Selasa, 19/08.
 
Peringatan HKG ini dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada kader PKK kecamatan yang berprestasi, pembagian juara lomba P2WKSS tingkat Provinsi banten, lomba Bina Wilayah, lomba simulasi, Lomba UP2K, lomba Paud, Lomba Cipta Menu B2SA, lomba hatinya PKK, Lomba Posyandu, Lomba Balita Sehat. Semua lomba yang dilaksanakan demi mensukseskan 10 program PKK di Kabupaten Tangerang.
 
Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar dalam sambuutanya mengatakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang kita lakukan, tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK selama ini. Peringatan seperti ini menberikan motivasi dan semangat bagi Kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Tema peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK ke 42 tahun 2014 ini adalah, “ Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-42 Kita Perkuat Ketahanan Keluarga Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”.

Tema ini mengandung makna bahwa dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini diharapkan kita terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Dalam situasi menghadapi tahun Politik/Pemilu Tahun 2014 diharapkan kita semua mengedepankan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa meskipun ada perbedaan ideologi dalam berpolitik.
 
“ Penjabaran 10 program pokok PKK seharusnya menacu pada RPJMN di pusat dan RPJMD di daerah, mengingat Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja Pemerintah terkait hal ini diharapkan Tim Penggerak PKK dapat perperan sebagai narasumber dan memberi masukan mengenai peranan Tim Penggerak PKK dalam forum Musrembang di setiap jenjang”, terang Yuli.
 
Lanjut Yuli, Gerakan PKK sebagai wadah aktifitas sosial kemasyarakan bagi keluarga, memiliki sejarah perjalanan yang panjang. Berpedoman pada makna sejarah sebagai kesatuan nilai hari kemarin yang patut di pedomani hari ini, maka saya mengajak kita semua sejenak merenungkan. Selama 42 (empat puluh dua) tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa, ternyata telah menunjukan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional.

” Eksistensi Gerakan PKK telah diakui secara meluas, sebagai Gerakan dari dan oleh masyarakat, merupakan mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan Program-program pembangunan. Pada kesempatan yang baik ini ijinkanlah saya selaku Ketua Umum Tim Penggerak PKK mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK dan pada Kadernya yang telah bersusah payah bekerja, demi meningkatkan kualitas bangsa melalui upaya-upaya yang di arahkan dalam pemberdayaan dan mensejahterakan keluarga”, ucapnya.
 
Seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK harus di arahkan pada terhujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera. Hal ini hendaknya tercermin dalam suasana kehidupan keluarga yang saling asih, asah dan asuh sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan kehidupan keluarga, yang didukung oleh kehidupan sosial ekonomi yang memadai.

Dalam kaitanya dengan tugas-tugas atau kegiatan PKK saya ingin menggaris bawahi, sudah saatnya PKK harus lebih mampu menciptakan bidang kegiatanya sendiri melalui 10 Program Pokok PKK. Pergunakanlah rencana lima tahun sebagaimana kesempatan RAKERNAS VII PKK Tahun 2010 untuk acuan dasar dalam pengembangan kegiatan-kegiatan PKK.
    

 Tim penggerak PKK yang telah memerankan Fungsi sebagai Mitra Pemerintahan dan merupakan salah satu unsur pelaku pembangunan, dalam upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, maka saya mengajak jajaran Tim Penggerak PKK seluruh Indonesia untuk melakukan beberapa hal, sebagai berikut;
  1. TP PKK perlu memahami tentang hakekat pemberdayaan masyarakat, agar bentuk kegiatan pemberdayaan keluarga yang dikembangkan senantiasa berkaitan dengan aspek-aspek pemberdayaan masyarakat yang diharapkan.
  2. TP PKK perlu memahami program-program sosial dasar masyarakat, agar dapat mengembangkan berbagai bentuk dan jenis kegiatan pemberdayaan keluarga sesuai kebutuhan masyarakat.
  3. TP PKK perlu memahami tentang manajemen pembangunan partisipasif sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat mengembangkan kesejahteraan keluarga dan sikap demokrasi dalam keluarga.
  4. Jajaran TP PKK perlu memahami kedudukan, peran dan fungsi berbagai dinas/instansi atau lembaga pemerintahan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pemberdayaan masyarakat atau pemberdayaan keluarga, agar dapat berkoordinasi dan memadukan gerak langkah program-program / kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan.
 
Dalam peringan HKG ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah, dalam sambutannya mengatakan Pada Peringatan hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 tingkat Kabupaten Tangerang ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang menyampaikan penghargaan kepada segenap pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Tangerang atas kiprah dan pengabdian yang telah dilakukan, khususnya dalam membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang mewujudkan tingkat kesejahteraan keluarga dan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Saya harap, kiprah serta pengabdian ibu-ibu sekalian dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang dengan jenis kegiatan yang lebih beragam serta berdampak langsung pada kesejahteraan hidup keluarga dan masyarakat.

Lain daripada itu, saya pun berharap agar program kerja PKK yang akan dilakukan, hendaknya dapat sejalan dengan 25 program unggulan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah, sehingga dengan motto “One team, one spirit, one goal” kita semua dapat sama-sama bersinergi dalam mempercepat tercapainya 25 program unggulan pemerintah daerah   demi terwujudnya cita-cita kita bersama yaitu “Kabupaten Tangerang yang Gemilang”.
 
Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tangerang, saya megucapkan Selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 Tahun 2014.

Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-42 ini sebagai wujud rasa syukur kita atas segala capaian yang telah mampu kita raih selama ini, dan juga untuk memberikan semangat dan motivasi bagi kader PKK agar terus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam upaya untuk mensejahterakan dan memberdayakan keluarga. Dan tentunya memberikan motivasi dan inspirasi untuk berbuat, bekerja, dan berkarya untuk masyarakat di Kabupaten Tangerang.
 
Setelah memberikan sambutan Katua TP PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki iskandar memotong kue ulangtahun, dilanjutkan memberikan penghargaan kepada 29 kader PKK kecamatan serta memberikan cendera mata berupa cincin emah. (Suk/Hms/ARD) 
 
 
 
 
 
SPORT
Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Jumat, 23 April 2021 | 23:01

TANGERANGNEWS.com- Ngadino, selaku Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memberikan semangat kepada pengurus klub bola voli di Kota Tangerang

NASIONAL
Video Pemudik Kesurupan Saat Disuruh Putar Balik, Ini yang Terjadi

Video Pemudik Kesurupan Saat Disuruh Putar Balik, Ini yang Terjadi

Rabu, 12 Mei 2021 | 23:31

TANGERANGNEWS.com-Sebuah video yang menampilkan seorang pemudik tiba-tiba kesurupan saat diberhentikan polisi viral di media sosial.

BANTEN
WOM Finance Bagikan Bingkisan Ramadan ke Janda & Dhuafa

WOM Finance Bagikan Bingkisan Ramadan ke Janda & Dhuafa

Minggu, 9 Mei 2021 | 15:07

TANGERANGNEWS.com-Ramadan di tengah pandemi COVID-19 untuk kali kedua tak melunturkan semangat berbagi dan peduli kepada sesama. Hal tersebut yang dilakukan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance)

TEKNO
Mengukur Efektivitas Virtual Police, Ahli Hukum: Mampu Menekan Kejahatan Siber

Mengukur Efektivitas Virtual Police, Ahli Hukum: Mampu Menekan Kejahatan Siber

Sabtu, 8 Mei 2021 | 13:34

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab