Connect With Us

Bupati Tangerang Tetapkan Mauk Lumbung Padi Abadi

Denny Bagus Irawan | Minggu, 19 April 2015 | 22:31

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri peresmian masjid. (Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menetapkan Kecamatan Mauk dan Sepatan sebagai lumbung padi abadi untuk mendukung swasembada pangan guna memenuhi kebutuhan sekitar 3,2 juta penduduk daerah itu.

"Penetapan itu telah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar, di Tangerang, Minggu (19/4).

Ahmed mengatakan, kebutuhan beras terus bertambah setiap tahunnya, sedangkan kondisi lahan pertanian selalu berkurang. Hal ini merupakan suatu kendala serius.

Untuk mengatasi hal itu, katanya, perlu ada lahan abadi untuk pertanian agar serbuan pengembang untuk membangun perumahan dan pergudangan minimal dapat diantisipasi.

Menurut dia, pada 2014 hasil panen mencapai 440.219 ton gabah kering giling (GKG) dan sesuai perhitungan aparat terkait bahwa masih ada kekurangan sekitar 66,623 ton.

Pihaknya telah mencari terobosan untuk mengatasi masalah itu, di antaranya menjadikan Kecamatan Mauk dan Sepatan sebagai lumbung beras yang areal persawahannya tidak boleh dijual.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Pemkab Tangerang Rusmiyati mengatakan seluas 19.000 hektare lahan pertanian produktif di Mauk dan Sepatan untuk tetap dipertahankan.

Rusmiyati mengatakan, belakangan ini lahan pertanian terus berkurang karena petani menjual kepada pengembang untuk membangun perumahan dan pergudangan.

Sedangkan lahan produktif yang dijual petani itu mayoritas berada di Kecamatan Sepatan, Mauk, Sepatan Timur, Sukadiri, Rajeg, Kosambi, Teluknaga dan Pasar Kemis. (RAZ)

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill