Connect With Us

250 Perahu Ikut Tradisi Pesta Laut Cituis Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 1 November 2015 | 15:08

Sebanyak 250 perahu mengikuti tradisi pesta laut nelayan Cituis di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Minggu (1/11). (Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANG-Sebanyak 250 perahu mengikuti tradisi pesta laut nelayan  Cituis di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang,  Minggu (1/11).                  Pesta laut nadran ini dilaksanakan oleh paguyuban para nelayan Surya Bahari yang dilaksanakan setiap awal bulan sura, kalender Jawa. Pesertanya berasal dari nelayan  sambil membawa keluarganya. 

 

Menurut Kades Surya Bahari, Muhri , pesta laut nadran atau yang biasa disebut nelayan yaitu pesta larungan. Pesta larungan ini merupakan tradisi dari seni budaya leluhur untuk tolak bala. "Pesta laut ini juga sebagai simbol ekonomi. Dan juga sebagai apresiasi kepada yang maha kuasa yang telah memberikan rezeki kepada nelayan atas hasil tangkapan di laut," kata Muhri.

    Dalam pesta laut kali ini ada satu perahu yang di sebut sebagai perahu penganten, dimana perahu tersebut berisikan sesajen yang akan dilepas di laut. Perahu penganten tersebut berisikan  kepala kerbau, ikan bakar, kelapa kuning, pisang, ayam bakar, jaguung, sayuran, kemenyan  dan hasil bumi lainnya.

 

Hadir dalam pesta tersebut, Gubernur Provinsi Banten Rano Karno  yang hadir dalam acara tersebut. Dia mengatakan, tradisi pesta laut ini agar terus dilestarikan. "Saya harap semoga bisa dikembangkan, dan setelah pesta laut ini hasil tangkapan ikan nelayan meningkat dan memuaskan", harap Rano karno. 

 

OPINI
Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Minggu, 17 Maret 2024 | 16:24

Ya, tarif tol mengalami kenaikan tajam di bulan Ramadan tahun 2024 ini. Kenaikan ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024.

MANCANEGARA
Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:46

Tahun 2024, menjadi salah satu momen bulan suci Ramadan yang berbeda bagi warga Palestina.

BANDARA
1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:11

Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan 2.564 pcs olahan pangan viral Milk Bun asal Thailand, Jumat 08 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill