Connect With Us

Warga Tanjung Burung Tangerang Hidup dengan Air Sungai Cisadane yang Tercemar

Mohamad Romli | Rabu, 22 Maret 2017 | 09:00

| Dibaca : 4357

Warga Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang hidup dengan Air Sungai Cisadane yang Tercemar Limbah Pabrik, meski kualitas air sungai Cisadane terus menurun karena pencemaran, hingga saat ini, warga masih menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, Rabu (22/3 (@tangerangnews 2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sudah tahunan warga di Muara Utara Sungai Cisadane di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Taluknaga, Kabupaten Tangerang hidup dengan air yang sudah tercemar. Namun, meski kualitas air sungai Cisadane terus menurun karena pencemaran, hingga saat ini, warga masih menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.


"Air Cisadane masih digunakan untuk pertanian, perikanan dan kebutuhan warga sehari-hari, seperti cuci dan mandi," kata Muhamad Guntur, warga Tanjung Burung, Rabu (22/3/2017).


Meski tercemar, tambah Guntur, warga tidak punya pilihan lain, karena budaya menggunakan air sungai sudah begitu melekat dengan kehidupan warga.

"Selain di Tanjung Burung, disepanjang anak sungai Cisadane di kelurahan Selapajang, Kota Tangerang, bisa dilihat setiap pagi dan sore warga juga mandi dan mencuci disungai," tambahnya.

Guntur pun menceritakan, pencemaran terhadap sungai Cisadane terjadi sejak banyak berdiri pabrik di Tangerang.

"Waktu saya kecil,  saya sering minum air langsung dari Cisadane, namun sejak banyak pabrik, Cisadane mulai tercemar," jelasnya.
Ia berharap Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah segera melakukan tindakan untuk memulihkan kualitas sungai yang hulunya ada kabupaten Bogor tersebut.

"Pemerintah harus punya perhatian serius untuk mengembalikan kualitas air Cisadane menjadi lebih baik, intinya hanya tinggal ada kemauan, sebab sungai dibeberapa kota lain bisa dinormalisasi, meski perlu waktu lama," pungkasnya.

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Dorong Hewan Ternak Segera Divaksinasi

DPRD Kota Tangerang Dorong Hewan Ternak Segera Divaksinasi

Kamis, 7 Juli 2022 | 20:51

TANGERANGNEWS.com-Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk segera melakukan vaksinasi bagi hewan ternak

BANDARA
Wabah PMK, 94 Ribu Vaksin Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Wabah PMK, 94 Ribu Vaksin Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Senin, 4 Juli 2022 | 13:25

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 94 ribu dosis vaksin asal Perancis untuk menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta

MANCANEGARA
Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Rabu, 1 Juni 2022 | 16:31

TANGERANGNEWS.com-Balita di India memiliki kekurangan fisik yang tidak biasa, dimana memiliki dua lengan dan dua kaki tambahan yang menonjol dari area perut dan pinggang.

TANGSEL
Pembangunan Rampung, Tol Serbaraja Tangerang Segera Diuji Coba

Pembangunan Rampung, Tol Serbaraja Tangerang Segera Diuji Coba

Rabu, 6 Juli 2022 | 13:38

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 Km telah rampung. Sebelum dioperasikan, tol tersebut akan menjalani uji laik fungsi (ULF) dan uji laik operasi (ULO).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill