Connect With Us

Bayi Sejak Lahir Sakit, Perutnya Terus Membuncit

| Selasa, 9 Februari 2010 | 20:37

Repro seorang pasien penderita penyakit Kawasaki. (tangerangnews / tangerangnews/dira)

 
 
TANGERANGNEWS- Sejak lahir pada  5 November 2009 lalu, Muhammad Rizki anak ketiga dari pasangan Erwin Lubis,36 dan Hendriana,35, yang tinggal di Kampung Cukang Galih, RT 03/01, Dusun II, Desa Cukang Galih, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten belum bisa berbuat apa-apa.

Bahkan tiap hari dia hanya mendapatkan air susu ibu. Meski begitu, perutnya terus membuncit, hingga Rizki sulit bergerak karena badannya tidak mampu menopang perutnya yang semakin membesar.
.
Itu terjadi karena Rizki terlahir dengan organ tubuh yang tidak sempurna,yaitu mengalami pembengkaan hati, pembengkakan jantung, tidak memiliki saluran kantong empedu dan pelebaran usus.
 
Sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya tidak terproses dengan baik dan langsung keluar melalui dubur. "Dalam waktu satu hari satu malam, Rizki bisa buang air besar hingga belasan kali," kata ibunya Hendriana.
 
Akibatnya, setiap malam ia bergantian dengan suaminya untuk menjaga dan membersihkan kotoran anaknya yang seperti cairan berwarna kuning. Bahkan selain kerap menangis, tiap malam ia selalu merintih seperti orang kesakitan. "Saat melihat dia tertidur, saya selalu meneteskan air mata karena tidak tega mendengar rintihannya," kata Erwin Lubis.
 
Lebih Jauh Erwin Lubis dan Hendriana yang berdagang sembako di rumahnya yang berukuran sekitar 3 x 10 meter itu bercerita, Rizki diketahui akan lahir tidak sempurna, sejak ia berusia enam bulan kandungan. Pasalnya, selain besaran kandungan Hendriana lebih besar dari kandungan orang lain yang seusianya, tim medis di salah satu pengobatan 24 jam yang memeriksanya mengatakan bahwa perut bayi yang di kandung Herianna berisi cairan.
 
Akibatnya ketika kandungan tersebut memasuki usia sembilan bulan, tim medis merujuk Hendriana agar melahirkan anak ketiganya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anisa di Jatiuwung, Kota Tangerang.
 
Alangkah kagetnya Erwin, ketika melihat anak yang dilahirkan oleh istrinya dengan cara di caesar itu, perutnya buncit bak balon yang berisi air.
 
Setelah dimasukan kedalam incumbatur di rumah sakit tersebut, akhirnya Muhammad Rizki di rujuk ke Rumah Sakit Usada Insani, Cipondoh, Kota Tangerang yang kemudian merujuknya kembali ke RSUD Cipto Mangunkusumo atau Harapan Kita, Jakarta.
 
 Namun sesampai di RSCM, keluarga ini mengaku ditolak oleh tim medis setempat dengan alasan rumah sakit itu sedang di renovasi dan tidak menerima kiriman pasien dari luar daerah.
 
Sedangkan di Rumah Sakit Harapan kita, Jakata, Muhammad Rizki dianjurkan untuk operasi pencangkokan hati dengan biaya Rp 700 juta. Mendengar pernyataan seperti itu, Erwin kaget dan langsung membawa anaknya pulang untuk dirawat sendiri di rumah.
 
Pasalnya, selain ia tidak punya biaya, operasi tersebut belum tentu dapat menyehatkan anaknya. Mengingat ketidak sempurnaan Rizki bukan hanya terjadi di pembekakan dihati.
 
Namun demikian, perut Rizki semakin hari semakin besar, sehingga Erwin dan istrinya bingung karena ia sudah tidak punya biaya lagi untuk mengobati anaknya. "Sekarang ini kami sudah tidak punya apa-apa lagi, karena sejak Rizki lahir dengan cara di caesar kami sudah menghabiskan biaya belasan juta rupiah. Dan dana itu di dapat dengan cara meminjam kesana kemari," kata Erwin.
 
Karena itu lanjutnya, saat ini ia hanya bisa berharap mudah-mudahan ada dermawan yang mau membantu kesulitan keluarganya. "Sebenarnya kami ingin minta bantuan dari Pemda Kabupaten Tangerang. Tapi tidak tahu bagaimana caranya," kata Erwin berkali-kali. (sm putra bangsa).  
 
 

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill