Connect With Us

20 Produk Makanan Ilegal Disita BPOM

| Rabu, 10 Februari 2010 | 18:21

BPOM memeriksa makanan ilegal (tangerangnews / sira)

 
TANGERANGNEWS- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten kembali menggelar razia pasar modern Sinpasa di Sumarecon Mall Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, siang ini. Hasilnya, BPOM berhasil mengamankan 20 jenis produk makanan yang diedarkan secara ilegal ditemukan di pasar modern itu. Kepala Seksi Pemeriksaan dan Penyelidikan BPOM Provinsi Banten, Retni Sembiring mengatakan, sejumlah makanan ilegal itu berasal dari luar negeri. “Kami mengamankan 20 jenis makanan berbagai merek yang dijual bebas, padahal tidak ada yang bisa menjamin apa komposisinya. Jelas ini tidak boleh beredar sembarangan nanti siapa yang bertanggung jawab kalau terjadi sesuatu,” jelas Retni, siang ini.  

Sejumlah kosmetik ilegal yang ditemukan itu berasal dari China dan Malaysia. Diantaranya adalah makanan ringan mie instan, deterjen, makanan bayi dan kue kering. Makanan ini, kata dia, aadalah makanan  yang tidak boleh beredar sebagaimana Undang-Undang pangan dan Undang-Undang kesehatan No.36 tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp350 juta. Seharusnya, kata dia, makanan ini tidak boleh diperjual belikan. “Apalagi sampai sampai beredar di masyarakat,” ujarnya.
 

Retni mengatakan, seluruh produk ilegal itu disita dan diamankan di BPOM Provinsi Banten untuk selanjutnya akan dimusnahkan. Dia menegaskan, saat ini pihaknya akan memproses hukum kepada para pedagang yang menjual bebas makanan ilegal itu.
 
Sementara itu, Lia salah seorang pedagang yang tidak mau nama tokonya ditulis mengatakan, dirinya mendapatkan makanan ilegal itu dari distributor di Jakarta. Awalnya, kata dia, saat membeli produk tersebut dirinya tidak tahu jika itu produk illegal. Lia mengaku pasrah jika barang-barang dagangannya harus disita petugas. Dia juga tidak menyangka jika menjual barang-barang ilegal dan membahayakan itu akan diancam hukuman pidana dan denda ratusan juta rupiah.(dira)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill