Connect With Us

Kebocoran PDAM TKR Tinggi

| Minggu, 21 Februari 2010 | 19:58

Kali Mookevart (tangerangnews / rangga)


TANGERANGNEWS
-Tingkat kebocoran air PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang masih cukup tinggi. Bahkan hingga akhir tahun 2009, tingkat kebocoran masih sebesar 22 %  dari nilai air yang berhasil dijual sebesar Rp.121.956.572 meter kubik.           

Kebocoran yang terjadi disebabkan banyak faktor, mulai dari hal yang disengaja seperti tindak pencurian air, hingga hal yang tidak disengaja, misalnya kerusakan water meter atau pipa saluran pecah.           

“Tingkat kebocoran air ini sedianya sudah melebihi ambang batas toleransi kebocoran yang dibolehkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, yakni 20 %. Bila dirupiahkan, kerugian yang diderita akibat kebocoran itu mencapai ratusan juta rupiah per tahun,” ujar Direktur Utama PDAM TKR, Maryoso. 

Sementara, terkait upaya PDAM untuk menekan kebocoran, Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Ahmad Suhanda mengatakan bahwa PDAM kini telah mengambil sejumlah langkah prefentif. Mulai dari melakukan perbaikan water meter yang sudah tua, penggantian pipa sambungan langsung yang sudah korosif tanpa dipungut biaya, hingga  penerapan zoning sistem.

“Zoning sistem ini bertujuan untuk mempermudah upaya pendeteksian terhadap kemungkinan terjadinya kehilangan air. Karena zoning sistem mampu menghitung besar tekanan air pada suatu kawasan,” ujar Suhanda.(rudy pg)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill