Connect With Us

165 Peserta Paket C PKBM Himata Ikut Ujian Keseteraan

Mohamad Romli | Minggu, 25 Februari 2018 | 17:00

Para Peserta kejar paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himata saat mengikuti ujian kesetaraan, Minggu (25/2/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Meski usia telah melampaui usia sekolah, namun semangat mencari ilmu tak pernah redup. Hal itu yang nampak dari 165 peserta kejar paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himata saat mengikuti ujian kesetaraan, Minggu (25/2/2018).

Ketua PKBM Himata, Madsoni kepada TangerangNews.com mengatakan, dalam ujian tersebut ada 12 mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta, diantaranya Pendidikan Agama Islam, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah, Geografi, Seni Budaya, Ekonomi, Penjas, Sosiologi dan Pendidikan Keterampilan.

"Ujian ini akan berlangsung selama empat hari setiap hari Minggu," ujarnya.

Dari 165 peserta tersebut, lanjut Sonil, demikian sapaan sosok yang akrab aktivis gerakan literasi dengan Motor Literasi (Moli) itu, masing-masing peserta dibagi ke dalam kelompok berjumlah 20 orang. Sementara soal untuk dibuat oleh Forum Tutor Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Forum PKBM Kabupaten Tangerang.

"Pelaksanaan ujian dipantau langsung oleh tim monitoring dari Dinas Pendidikan PAUD dan DIKMAS Kabupaten Tangerang," tambahnya.

Ahmad Hambali, 26, salah satu peserta ujian mengatakan, merasa senang karena masih bisa melanjutkan pendidikan setara SLTA tersebut melalui kejar paket C. Ia berharap setelah memiliki ijazah yang legalitasnya diakui oleh negara itu, ia bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

"Saya senang dan bersyukur bisa menjadi peserta pendidikan kesetaraan di PKBM Himata, apalagi Lembaga PKBM Himata sudah terakreditasi," ujarnya.

Diketahui, kejar paket C merupakan program Departemen Pendidikan Nasional setara SLTA melalui jalur non formal. Program ini diselenggarakan untuk pelajar yang terkendala keterbatasan waktu belajar di pendidikan formal, putus sekolah, konsentrasi belajar, drop out, homeschooling dan sebagainya.

Dalam program paket C, siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) selain diwajibkan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM), juga harus mengikuti kegiatan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) sebelum Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), atau Ujian Nasional Kertas Pinsil (UNKP).

Ijazah dari Paket C setara dengan Ijazah Sekolah lanjut tingkat atas (SLTA) yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta.(RAZ/HRU)

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill