Connect With Us

PDAM TKR Tanam Seribu Pohon di Bantaran Sungai Cisadane

Advertorial | Rabu, 9 Mei 2018 | 19:00

PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) bersama dengan organisasi pecinta lingkungan hidup melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Cisadane, Rabu (9/5/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) bersama dengan organisasi pecinta lingkungan hidup melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Cisadane, Rabu (9/5/2018).

Seribu pohon bambu ditanam dibeberapa titik lokasi, salah satunya bantaran sungai yang terletak di Kampung Bojong Larang, Desa Pakulonan Barat, Kelapa Dua.

Direktur Utama PDAM TKR, Rusdy Machmud mengatakan, kondisi sungai Cisadane terus mengalami degradasi kualitas karena pencemaran, erosi serta sendimentasi. Padahal, Cisadane satu-satunya sumber bahan baku air bagi PDAM TKR yang debitnya tinggi.

"Oleh karenanya, menyelamatkan Cisadane sama halnya dengan menjaga keberlangsungan pasokan air bersih bagi warga Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel," ujarnya.

Lanjut Rusdy, menurunnya kualitas air cisadane selain berdampak pada biaya produksi air bersih di PDAM TKR, juga berdampak pada sektor lainnya, diantaranya sektor pertanian dan peternakan di wilayah hilit Cisadane, masyarakat pengguna air disepanjang bantaran Cisadane, juga masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari sungai yang hulunya di Kabupaten Bogor itu.

"Sehingga, kepedulian kami ini diharapkan juga diikuti oleh kelompok usaha maupun masyarakat lainnya, sehingga kondisi Cisadane bisa kita pulihkan," harapnya.

Disamping itu, kata Rusdy, perlu kesadaran juga dari pelaku usaha serta masyarakat di sepanjang aliran DAS Cisadane bahwa air sumber kehidupan. Dengan kesadaran demikian, maka tidak ada lagi perlakuan semena-mena yang menimbulkan dampak rusaknya daya dukung lingkungan DAS tersebut.

"Kami minta, pabrik yang ada disekitar bantaran sungai tidak membuang limbah diatas ambang batas, dan masyarakat juga tidak membuang sampah ke sungai," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang pun menegaskan hal yang sama bahwa Cisadane menjadi salah satu denyut kehidupan masyarakat Tangerang. Oleh karenanya, ia merasa sangat perihatin dengan kondisi yang terjadi saat ini.

"Cisadane harus dijaga karena saat ini memiliki multi funhsi. Tentu bantarannya harus ditata agar fungsi serapan berjalan demhan baik dan  menghindari terjadinya erosi, selain itu kualitas airnya juga harus meningkat," katanya.

Maesyal menegaskan, penataan DAS Cisadane membutuhkan keterlibatan berbagai pihak, sehingga dibutuhkan sinergitas antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

"Beberapa minggu yang lalu saya sudah undang beberapa perusahaan disekitar Cisadane untuk ikut serta peduli, dan mereka sudah sepakat mau ikut menata melalui program CSR secara bertahap," tambahnya.

Ia juga berharap, komitmen PDAM TKR yang telah mengawali kepeduliannya terhadap kondisi Cisadane terus ditingkatkan. "Kami berterima kasih kepada PDAM TKR, dan berharap terus menambah jumlah pohon yang ditanam sehingga tingkat kerusakan DAS Cisadane terus berkurang," tukasnya.

Penanaman pohon itu diikuti oleh jajaran Direksi PDAM TKR, Kepala SKPD dilingkup Pemkab Tangerang serta mitra PDAM TKR.(ADV)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill