Connect With Us

Sabun Papaya & Temulawak Palsu Beredar Seolah dari Malaysia

Mohamad Romli | Kamis, 24 Mei 2018 | 16:00

| Dibaca : 2881

Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) Provinsi Banten dan aparat kepolisian dari Polres Tangsel menggerebek sebuah pabrik pembuatan sabun dan kosmetik wajah, Kamis (24/5/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sabun papaya,  Widya Temulawak dan K Brother. Ketiga produk tersebut yang dalam kemasannya tertulis diproduksi di Malaysia dan Pilipina ternyata palsu. 

Hal itu diketahui setelah petugas BPOM melakukan penggerebekan terhadap pabrik rumahan ilegal di Kampung Kedokan, RT05 RW02 , Cibogo, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (24/5/2018).

"Produk yang diproduksi tidak memiliki izin edar dan atau mencantumkan nomor izin edar diketahui palsu," ujar Faisal, Kepala Seksi Pemeriksaan Penyidikan dan Sertifikasi Layanan Informasi Konsumen BPOM Serang saat ditemui di lokasi. 

Selain memalsukan produk, pabrik tersebut juga memalsukan izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM. 

Dalam kemasan produk merek Papaya, tertulis izin edar dengan nomor NA401105000350 dan NOT101104838K.

"Izin edar tersebut sudah dicabut dan sudah tidak terdaftar," tambahnya.

Pabrik tersebut diperkirakan sudah beroperasi lima bulan terakhir dengan mempekerjakan sekitar 19 pekerja.  

Petugas menyita barang siap edar, mesin serta bahan baku sebanyak lima truk, sementara penanggung jawab pabrik tersebut baru sebatas dimintai keterangan.

"Kami masih lakukan penyelidikan, jika terbukti, kami akan jerat dengan Pasal 197 UU 36/2009 Kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun dan denda Rp1,5 Miliar," tukasnya.(DBI/RGI)

WISATA
Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong

TANGSEL
Pria Ngamuk di Minimarket Pamulang Minta Uang Rp10 Juta, Ternyata Begini

Pria Ngamuk di Minimarket Pamulang Minta Uang Rp10 Juta, Ternyata Begini

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:39

TANGERANGNEWS.com-Seorang pria mengamuk di salah satu minimarket yang diketahui berlokasi di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan. Aksi tersebut pun viral di media sosial

TOKOH
Sukses Majukan JNE, Feriadi Soeprapto Dinobatkan Best CEO Award 2021

Sukses Majukan JNE, Feriadi Soeprapto Dinobatkan Best CEO Award 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Kerja keras Mohamad Feriadi Soeprapto dalam memajukan JNE berbuah manis. Ia dinobatkan sebagai Indonesia Best CEO Awards “Employee’s Choice oleh The Iconomics

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab