Connect With Us

PWI Kabupaten Tangerang Gelar Diskusi dan Santuni Anak Yatim

Mohamad Romli | Rabu, 6 Juni 2018 | 20:00

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang menggelar diskusi publik, Baksos & buka bersama anak yatim Rabu (6/6/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Pesatnya perkembangan teknologi informasi  menyebabkan beragam informasi secara cepat tersebar ke masyarakat. Bahkan, informasi yang beredar tersebut tidak jelas sumber dan kebenarannya, sehingga masyarakat pun rentan terpapar berita palsu (hoax).

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang mengimbau masyarakat untuk bersikap kritis dan cerdas dalam mencermati informasi. Hal itu mengemuka dalam diskusi yang dihelat organisasi insan pewarta itu, Rabu (6/6/2018).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan berita palsu dapat ditangkal dengan meningkatkan budaya literasi masyarakat, karena masyarakat yang gandrung membaca terlatih untuk bersikap kritis.

“Namun sayangnya, saat ini budaya literasi kita masih rendah, hal ini yang perlu perhatian serius,” ujarnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian serius untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Minat baca juga sebanding dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jadi memerangi hoax harus dengan pendekatan budaya,” jelasnya.

Sementara dalam diskusi yang bertajuk “Menyikapi Maraknya Berita Hoax” itu, Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Banten AKBP Zaenudin menegaskan, polisi akan menindak tegas pelaku penyebar berita palsu. Hal itu dibuktikan Polda Banten yang telah menangkap dan memproses secara hukum beberapa pelaku.

“Penegakan hukum terhadap pelaku pembuat dan penyebar hoax kami lakukan tanpa pandang bulu,” tegasnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak mudah mempercayai jika ada informasi yang beredar jika belum jelas sumber dan terverifikasi kebenarannya.

“Maka kalau ada informasi yang tidak jelas sumbernya, jangan dipercaya. Cari tahu dulu sumbernya dan teliti kebenarannya,” tambahnya.

Narasumber lainnya, Ketua KPU Kabupaten Tangerang Achmad Jamaludin pun bernada serupa. Ia mengajak masyarakat untuk tidak mudah terhasut oleh informasi yang dapat memperkeruh situasi politik.

“Kita harus sukseskan Pilkada Kabupaten Tangerang sesuai dengan  jargonnya, damai dan gembira,” ajaknya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Wishnu Caraka, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif, Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, Dandim 0510 Tigaraksa yang diwakili Danramil 06 Tigaraksa, Kapten P Sihotang. Acara ditutup dengan buka puasa bersama serta pemberian santunan kepada 80 anak yatim piatu yang berdomisili disekitar Kecamatan Tigaraksa.  

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill