Connect With Us

Pramuka Penegak & Pandega Tangerang Dilatih Kepemimpinan

Maya Sahurina | Jumat, 28 September 2018 | 22:00

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, Jumat-Minggu, 28 sampai 30 September 2018 diikuti ratusan peserta dari gugus depan di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dalam mengelola kegiatan di tingkat gugus depan.

Selain itu, sebagai anggota jelang usia dewasa, Penegak dan Pandega juga dituntut mampu berkiprah lebih luas ditengah-tengah masyarakat.

"Disini peserta dibekali dua aspek, yaitu bagaimana memimpin dan dipimpin. Mengelola kegiatan di ambalan (gugus depan), memimpin rapat, mengurus administrasi. Jadi mereka mampu merencanakan dan melaksanakan program di gugus depan," bebernya, Jumat (28/9/2018).

Lanjut sosok yang akrab disapa kak Dadang ini, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan organisasi kepanduan tersebut. Metode pelatihan Pramuka yang dikenal dengan sistem among itu diharapkan mampu membentuk mental dan karaktek anggota Pramuka ditengah situasi zaman yang semakin penuh tantangan.

"Dalam pelatihan ini, selain soal kepemimpinan, mereka juga nanti mendapatkan materi soal kewirausahan, sehingga kami harapkan, anggota Pramuka mampu membangun kemandirian ekonomi," jelasnya.

Harapan itu, lanjutnya, karena saat ini Pramuka juga harus merespon perkembangan zaman yang bergerak pesat, sehingga dengan berbagai pelatihan yang diberikan, Penegak dan Pandega di Kabupaten Tangerang mampu menjadi kelompok usia produktif yang terus berkarya dan berguna.

"Harapan ini sejalan dengan program pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar) yang juga menginginkan pemuda di Kabupaten Tangerang produktif dan mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada," imbuhnya.

Selama tiga hari tersebut, peserta akan dibekali berbagai materi terkait kepemimpinan, manajemen, keterampilan berorganisasi dan kewirausahaan. Sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan pelatihan jurnalistik serta kepemimpinan dasar.

"Setelah pelatihan demi pelatihan ini, kita akan melihat kompetensi mereka apa, itu yang akan terus kita kembangkan," tandasnya.(MRI/RGI)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANDARA
WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

Senin, 25 Maret 2024 | 22:30

Penumpang pesawat asal Portugal ditangkap aparat Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang karena kedapatan membawa kokain cair seberat 2.500 gram di dalam botol sampo dan sabun.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill