Connect With Us

Cegah Kekeringan, Perumahan di Tigaraksa ini Kembangkan Sumur Resapan

Maya Sahurina | Senin, 22 Oktober 2018 | 18:00

| Dibaca : 1628

Sudirman Idra penggagas sumur resapan di Perumahan Triraksa Vilage 2 Tigaraksa saat menunjukkan lokasi sumur resapan disekitar danau buatan di kawasan perumahan tersebut, Senin (22/10/2018). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan semakin padatnya penduduk dan berkurangnya kawasan resapan air, kekeringan pun melanda beberapa kawasan pemukiman di Kabupaten Tangerang.

Kelangkaan air bersih itu sangat terasa ketika musim kemarau. Namun kondisi sebaliknya justru terjadi di musim penghujan, beberapa kawasan pemukiman dilanda banjir.

Upaya pengendalian air permukaan pun perlu dilakukan semua pihak, salah satunya dengan menangkap air dengan membuat danau buatan dan umur resapan.

Hal ini yang dilakukan salah satu pengembang perumahan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Salah satu program yang ditengah berlangsung tersebut di Perumahan Triraksa Village 2.

Program yang dipelopori oleh Sudirman Idra ini bertujuan untuk menampung air permukaan agar tidak langsung mengalir deras ke sungai, namun tertahan di danau dan sumur resapan yang dibuat area perumahan yang berlokasi di Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa tersebut.

"Yang kami lakukan adalah dengan membuat sumur resapan disekitar area danau buatan, menggali tanah dengan kedalaman 20-60 meter, Luas penyerapan 1 x 2 meter," ujar Koh Acin sapaan akrabnya di lokasi, Senin (22/10/2018).

Ia mengklaim, programnya untuk dikawasan perumahan adalah yang pertama di Kabupaten Tangerang dan bisa jadi percontohan untuk pengembang perumahan lainnya.

"Selain menampung air,  juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun, akan tetapi masuk ke penampungan dulu," tambahnya.

Saat ini, sudah ada 4 sumur resapan disekitar area danau buatan yang luasnya sekitar 1.000 meter persegi. Program diyakini bisa memenuhi kebutuhan air bersih ratusan warga yang bermukim di perumahan tersebut.(MRI/RGI)

HIBURAN
Laksa, Makanan Khas Tangerang yang Sayang Dilewatkan

Laksa, Makanan Khas Tangerang yang Sayang Dilewatkan

Senin, 18 Januari 2021 | 10:12

Oleh: Lutfiah Nabilla, Mahasiswi Jurnalistik UNIS Tangerang

PROPERTI
Baca 3 Tips Ini Sebelum Beli Meja Makan Untuk Hunian

Baca 3 Tips Ini Sebelum Beli Meja Makan Untuk Hunian

Jumat, 11 Desember 2020 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Saat berencana membeli meja makan untuk di rumah, maka bukan saja anggaran yang harus disiapkan. Tapi juga, apakah bahan yang digunakan kokoh dan sesuai dengan tema ruangan Anda

KAB. TANGERANG
Razia Mbargo Berbuntut Panjang, Satpol PP Tangerang Ikut Turun Tangan

Razia Mbargo Berbuntut Panjang, Satpol PP Tangerang Ikut Turun Tangan

Senin, 18 Januari 2021 | 19:25

TANGERANGNEWS.com-Perseteruan lokasi tempat hiburan dengan Kapolsek Kelapa

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

"Jika masa lalu tidak berjalan sesuai yang Anda inginkan, bukan berarti masa depan bisa menjadi lebih baik dari yang selalu Anda bayangkan"

@TangerangNews