Connect With Us

Pemkab Tangerang MoU Aplikasi Canggih dengan Banyuwangi

Muhamad Heru | Jumat, 14 Desember 2018 | 14:00

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi melakukan kerjasama diberbagai bidang aplikasi. (@TangerangNews / Muhamad Heru)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Banyuwangi melakukan kerjasama diberbagai bidang aplikasi. Nota kerjasama antara pemerintah daerah tersebut ditandatangani langsung oleh masing-masing Kepala Daerah, yaitu Ahmed Zaki Iskandar dan Abdullah Azwar Anas, pada Kamis (13/12) siang, di Pendopo Bupati Banyuwangi.

Plt Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Tangerang Soma Atmadja mengatakan, penandatanganan kerjasama antara Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Banyuwangi berkaitan dengan adanya sejumlah replikasi aplikasi sistem yang bakal diterapkan di Kabupaten Tangerang.

"Kita belajar best practices dari berbagai daerah di Indonesia. Kenapa Banyuwangi? Daerah ini berhasil mengembangkan eco-turism (menjual daya tarik alam) menjadi kekuatan pariwisata dan pelayanan publik yang baik," tuturnya.

“Dengan karakter dan kultural yang nyaris mirip dengan Kabupaten Tangerang, kita melihat Kabupaten Banyuwangi berhasil dalam mengimplementasikan sejumlah kebijakan dan arah pembangunan, dengan sejumlah aplikasi sistem yang sudah dibangun oleh pemerintahnya, kita akan mereplikasi dan menerapkannya di Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Soma Atmadja menjelaskan, transformasi keilmuan antar pemerintah daerah bukan hal yang baru. Kabupaten Banyuwangi dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral), serta peningkatan pendapatan melalui pajak dan pengelolaan pariwisatanya, sehingga pihaknya mereplikasi sistem yang selama ini dibangun oleh mereka.

“Replikasi Aplikasi ini dilakukan untuk memenuhi peningkatan pelayanan masyarakat dan inovasi semacam ini terus kita kembangkan, termasuk dengan pola kerjasama dgn berbagai daerah".

Semua sistem ini diakui Soma, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tapi harus ada sinergitas antar OPD. “Salah satu pengembangan ini membutuhkan integrasi berbagai aplikasi yang tersebar di semua OPD dijadikan satu,"ungkapnya.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill