Connect With Us

Kunjungi Pemkab Tangerang, Maluku Belajar Tata Kelola Pemerintahan

Maya Sahurina | Senin, 18 Maret 2019 | 19:00

Sebanyak 39 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III Pemerintah Provinsi Maluku melakukan kunjungan ke Kabupaten Tangerang Senin, (18/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumberdaya Manusia Kabupaten Tangerang, Surya Wijaya menerima kunjungan  39 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III Pemerintah Provinsi Maluku di Ruang Rapat Wareng, Gedung Bupati Tangerang, Senin, (18/3/2019).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manejerial dan Fungsional pada Badan Pengembangan SDM Provinsi Maluku Faizal Ahmad itu karena ingin mempelajari tata kelola pemerintahan yang dipraktekkan oleh Pemkab Tangerang.

39 orang peserta itu akan belajar langsung sesuai topik Diklat ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Tangerang untuk 4 hari ke depan.

"Peserta Diklat akan langsung belajar ke setiap OPD, lokusnua sesuai dengan materi Diklat, agar lebih memahami," ungkap Faizal Ahmad.

Faizal mengungkapnya dipilihnya Pemkab Tangerang sebagai tujuan studi banding karena dinilai memiliki beberapa keberhasilan, salah satunya mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan daerah selama 10 kali berturut-turut.

"Kita ingin belajar dari Kabupaten Tangerang, mulai dari pengelolaan keuangan, pelayanan terpadu kecamatan, hingga pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan," beber Faizal.

Sementara Surya Wijaya mengatakan Kabupaten Tangerang adalah daerah dengan karakteristik heterogen, dimana terdapat wilayah pedesaan dan perkotaan. Salah satu potensi yang terkenal hingga daerah ini dijuluki kota 1001 industri, adalah berdirinya ribuan pabrik. 

"Selamat datang di kota seribu industri. Bisa dilihat langsung dan dipelajari karakter wilayahnya, untuk pelayanan kecamatan kita sudah memiliki Program Administrasi Terpadu Kecamatan, dan pengelolaan keuangan, hingga pemberdayaan bisa langsung ke OPD terkait," ucap Surya.

Setelah diterima di Ruang Wareng, peserta diklat langsung dipandu ke masing-masing OPD yang akan menjadi lokus studi.(MRI/RGI)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill