Connect With Us

BPOM Temukan Tahu Berformalin di Cisauk

Maya Sahurina | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 2612

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang melakukan operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang menggelar operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019).

Dalam operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan/ UPT Karantina, dan Kepolisian itu, ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia obat.

"Pengawasan yang dilakukan mencakup komoditi pangan segar dan pangan olahan, yaitu berupa pengambilan sampel dan pengujian kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, borax, rhodamin B dan methanil yellow," ujar Widya Savitry, Kepala BPOM Loka Kabupaten Tangerang.

Hasil dari operasi itu, BPOM menemukan 3 sampel dari 40 sampel berupa makanan tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia obat.

"Pengujian menggunakan rapid test kit, sehingga hasil uji dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti. Sampel pangan yang diuji sebanyak 40 sampel dengan hasil 3 sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin, yaitu pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok," bebernya.

Berdasarkan temuan itu, pihaknya mengimbau masyarakat selaku konsumen harus pintar dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya dengan teliti melakukan cek kemasan juga bentuknya.

"Kepada masyarakat senantiasa dihimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya serta senantiasa Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)."  tutupnya.(MRI/RGI)

BISNIS
Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:21

TANGERANGNEWS.com-Summarecon Mall Serpong (SMS) didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan Creartive Culture Home (C2H)

KOTA TANGERANG
Empat Pekerja Seks Terjaring Razia Satpol PP di Karawaci dan Taman Cibodas

Empat Pekerja Seks Terjaring Razia Satpol PP di Karawaci dan Taman Cibodas

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:09

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak empat pekerja seks komersial (PSK) dan empat pasangan belum menikah terjaring razia aparat Satpol PP Kota Tangerang

TANGSEL
Dikejar Sampai ke Bekasi, Polres Tangsel Ringkus Tiga Pengedar Ganja Lintas Jabodetabek

Dikejar Sampai ke Bekasi, Polres Tangsel Ringkus Tiga Pengedar Ganja Lintas Jabodetabek

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:42

TANGERANGNEWS.com-Tiga pengedar ganja yang kerap melakukan transaksi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), dibekuk Polres Tangerang Selatan. Penangkapan dilakukan melalui pengejaran

MANCANEGARA
206 WNI Terancam Hukuman Mati di Luar Negeri, Terbanyak Kasus Narkoba

206 WNI Terancam Hukuman Mati di Luar Negeri, Terbanyak Kasus Narkoba

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:24

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 206 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipenjara terancam hukuman mati atas kejahatan yang dibuat di negara tersebut

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin