Connect With Us

Disdukcapil Cetak KTP Warga Korban Banjir di Lokasi Pengungsian Teluknaga

Maya Sahurina | Sabtu, 4 Januari 2020 | 19:54

| Dibaca : 822

Para warga korban banjir saat menunggu pelayanan e-KTP di Teluknaga. (TangerangNews/2019 / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Warga korban banjir di tempat pengungsian Airport City, Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, mendapatkan layanan cetak dokumen administrasi kependudukan (adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Sabtu (04/1/2020).

Dokumen yang langsung dicetak di lokasi tersebut adalah Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA) dan akte kelahiran.

Layanan tersebut dipantau langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Zudan Arif Pakhruloh.

Para warga korban banjir saat menunggu pelayanan e-KTP di Teluknaga.

Zudan yang tiba di lokasi pengungsian sekitar pukul 12.00 WIB disambut langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin dan pihak Kecamatan Teluknaga.

Zudan mengatakan, kehadirannya untuk memantau langsung pelayanan pencetakan baru dokumen kependudukan warga yang hilang atau rusak akibat banjir.

"Saya hadir beserta jajaran untuk bertemu masyarakat dan memantau langsung Pemkab Tangerang dalam hal ini Dukcapil membuka layanan pencetakan baru Adminduk khusus bagi korban banjir secara langsung di lokasi tempat pengungsian korban banjir di Teluknaga," kata Zudan kepada awak media di lokasi.

Pemerintah berharap masyarakat tidak khawatir atas kerusakan atau kehilangan dokumen kependudukan akibat banjir. 

Kerusakan atau kehilangan dokumen kependudukan itu diimbaunya segera didata oleh RT/RW masing-masing tanpa perlu surat keterangan kehilangan dari Kepolisian.

Lanjutnya, layanan khusus ini guna menanggulangi masalah dokumen kependudukan yang rusak atau hilang karena bencana banjir di awal tahun 2020 ini.

Pihak Dirjen Dukcapil telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah yang terdampak bencana banjir untuk memberikan prioritas dengan  penambahan layanan yang dikoordinasikan dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Pada kesempatan tersebut Zudan juga menyerahkan secara simbolis KTP-el kepada warga kampung Kebon Nangka, Desa Teluknaga yang terkena banjir di tempat pengungsian. 

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin mengatakan, pelayanan khusus bagi korban banjir di tempat pengungsian ini merupakan yang pertama kami dilakukan pascabanjir yang melanda 8 kecamatan di Kabupaten Tangerang pada awal tahun ini.

Sementara, untuk warga korban banjir di kecamatan lain yang dokumen kependudukannya hilang atau rusak, kata dia, akan didata oleh pihak masing-masing kecamatan dan akan diproses seperti biasa di Dukcapil Kabupaten Tangerang.

"Pelayanan khusus hari ini di pengungsian yang di layani masyarakat Desa Teluknaga. Tadi yang mengajukan pemohonan sekitar 300 orang. Kami sudah mencetak KTP, KK dan akte kelahiran sekitar 40 orang," kata Syafrudin.(RMI/HRU)

TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

KAB. TANGERANG
Saat Pandemi Corona, Musibah Kebakaran Malah Menimpa Warga di Sukamulya

Saat Pandemi Corona, Musibah Kebakaran Malah Menimpa Warga di Sukamulya

Senin, 6 Juli 2020 | 20:08

TANGERANGNEWS.com-Musibah kebakaran menimpa Mulyadi, warga Kampung Baru, R T03/02, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamulya Kabupaten

HIBURAN
Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Kamis, 4 Juni 2020 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Ferdian Paleka dapat menghirup napas bebas setelah sempat ditahan dibalik jeruji besi karena kasus prank sembako sampah

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi