Connect With Us

Dampak Corona, Ribuan Buruh di Tangerang Mulai Dirumahkan

Mohamad Romli | Selasa, 7 April 2020 | 17:49

| Dibaca : 124015

Ahmad Supriadi, Ketua KSPSI Kabupaten Tangerang yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Fraksi PDI Perjuangan. (@TangerangNews2020 / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Wabah virus Corona (COVID-19) berdampak langsung terhadap aktivitas produksi perusahaan di Kabupaten Tangerang. Ribuan buruh pun mulai dirumahkan.

Ketua DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan ribuan anggotanya telah dirumahkan karena berkurangnya aktivitas produksi.

"Sudah ada sekitar 2.000 anggota kami yang dirumahkan," ujarnya kepada TangerangNews, Selasa (7/4/2020).

Mereka yang dirumahkan tersebut rata-rata bekerja disegmen padat karya, misalnya pabrik sepatu.

Supriadi juga mendorong Pemerintah Pusat segera mengeluarkan kebijakan operasional terkait dampak COVID-19 terhadap buruh, karena sektor ini pun terpukul akibat virus yang saat ini tengah mengguncang dunia. 

Terlebih, kata dia, saat ini mendekati bulan Ramadhan dan Idul Fitri, dimana salah satu kewajiban perusahaan adalah memberikan tunjangan hari raya (THR).

"Sudah ada beberapa perusahaan yang hanya sanggup membayar 50 persen. Kami sedang negosiasikan agar upah dan THR tetap dibayar 100 persen meski pekerja  dirumahkan. Oleh karennya Pemerintah Pusat harus membuat aturan untuk hal ini," terangnya.

Selain itu, anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari fraksi PDI Perjuangan ini mendesak Pemerintah Pusat dan DPR RI menghentikan pembahasan RUU omnibus law Cipta Kerja.

"Kami berpendapat bahwa pemerintah sangat tidak punya hati kepada para pekerja. Di tengah pandemik COVID-19 yang membutuhkan daya imun untuk menangkalnya, pemerintah bersama DPR RI malah menciptakan depresi yang dapat menurunkan daya imun pekerja dengan membahas RUU omnibus law cipta kerja," tegasnya. (RMI/RAC)

KAB. TANGERANG
BPBD Kabupaten Tangerang Kirim Bantuan Logistik dan Personel untuk Korban Gempa Cianjur

BPBD Kabupaten Tangerang Kirim Bantuan Logistik dan Personel untuk Korban Gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 20:14

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirimkan logistik, personel dan relawan untuk membantu korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 26 November 2022.

WISATA
Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Jika Belum Cicipi 5 Kuliner Ini di Pasar Lama Tangerang

Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Jika Belum Cicipi 5 Kuliner Ini di Pasar Lama Tangerang

Kamis, 24 November 2022 | 14:13

TANGERANGNEWS.com-Pasar Lama sebagai sentra utama pusat kuliner di Kota Tangerang memiliki berbagai macam hidangan kuliner yang menarik.

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

BANTEN
Atlet Tenis Meja Azizah Umaimah Borong 4 Emas Porprov VI Banten jadi Bukti Kerja Keras Tak Mengkhianati Hasil

Atlet Tenis Meja Azizah Umaimah Borong 4 Emas Porprov VI Banten jadi Bukti Kerja Keras Tak Mengkhianati Hasil

Sabtu, 26 November 2022 | 19:15

TANGERANGNEWS.com-Pertandingan cabang olahraga (cabor) tenis meja dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten yang digelar di GOR Koang Jaya, Kota Tangerang telah selesai dilaksanakan, Sabtu, 26 November 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill