Connect With Us

Pangdam Jaya & Bupati Zaki Panen Raya Melon di Teluknaga

Mohamad Romli | Sabtu, 9 Mei 2020 | 20:05

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen melon di Kecamatan Teluknaga, Jumat (8/5/2020). (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melaksanakan panen raya hortikultura di Kampung Pangkalan, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (8/5/2020).

"Panen raya hortikultura buah melon ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan," kata Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono.

Eko mengatakan, sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program ketahanan nasional, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen melon di Kecamatan Teluknaga, Jumat (8/5/2020).

Pembukaan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai dari bulan Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT. ASG. Luas tanah yang digarap kurang lebih 300 hektar di Desa Pangkalan, Tegal Angus dan Tanjung Burung.

"Dari luas lahan 300 hektar yang telah digarap kurang lebih 50 hektar yang sudah ditanami melon, labu, sayur bayam, sayur caesim, padi tradisional, rumput gajah dan padi mekanisasi,” ujar Eko

Pangdam menjelaskan bahwa pihak Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan petani bisa hidup lebih layak, apa lagi saat ini negeri kita sedang dilanda wabah corona.

Pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluk Naga, kelompok tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluk Naga Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang. 

Kegiatan panen hortikultura buah melon ini diharapkan menjadi motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan oleh Kodam Jaya.

“Harapan kami program ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani yang ada di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang,” ujarnya

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar yang hadir langsung pada acara tersebut mengucapkan syukur karena di tengah kondisi cuaca dan tantangan sosial ekonomi yang dihadapi saat ini, masih bisa melaksanakan panen raya holtikultura di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah membina petani mengolah lahan yang tidak produktif menjadi produkti di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang," ucap Zaki 

Zaki menambahkan, wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura. Pemkab Tangerang, kata dia, terus menggalakan ketahanan pangan yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.(RMI/HRU)

TEKNO
Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:16

WhatsApp terus menghadirkan beragam fitur baru, termasuk beberapa yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna.

SPORT
Taklukkan Arema, Persita Selamat dari Zona Degradasi 

Taklukkan Arema, Persita Selamat dari Zona Degradasi 

Kamis, 14 Maret 2024 | 00:17

Usai menjalani beberapa laga tanpa kemenangan, Persita akhirnya berhasil mengamankan posisi dari zona degradasi dalam klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

KOTA TANGERANG
Komunitas Advokat Tangerang Bersyukur Prabowo-Gibran Menang Pemilu 2024

Komunitas Advokat Tangerang Bersyukur Prabowo-Gibran Menang Pemilu 2024

Selasa, 19 Maret 2024 | 15:47

Tiga organisasi advokat, LISAN (Lingkar Nusantara) Provinsi Banten, Axander Waas attorneys at Law & HAMI (Himpunan Advokat Muda Indonesia) Bersatu menggelar kegiatan buka bersama di salah satu rumah makan di Kota Tangerang, pada Sabtu, 16 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill