Connect With Us

Asal Muasal Nama Tigaraksa di Tangerang

Redaksi | Jumat, 18 Desember 2020 | 17:48

| Dibaca : 21115

Tugu Patung Tigaraksa yang berada di wilayah Tigaraksa kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020). (@TangerangNews / Masyrifatul Laila)

TANGERANGNEWS.com-Tigaraksa merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. Konon kata Tigaraksa ini berasal dari  tiga raksasa.

Tiga Raksasa yang dimaksud yaitu Ki Mas Laeng, Ki Seteng, dan Syekh Mubarok yang kemudian disingkat menjadi Tigaraksa.

"Dulu di sini ada tiga tokoh yaitu Ki Mas Laeng, Ki Seteng dan yang satunya lagi Syekh Mubarok.  Katanya dulu yang menyebarkan agama Islam di sini", ujar Udin.

Makam keramat Ki Seteng yang berada di wilayah Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020).

Menurut penuturan warga sekitar, Ki Mas Laeng dan juga Ki Seteng sebelumnya bukan pemeluk agama Islam yang kemudian disatukan oleh salah satu pemuka agama Islam, yaitu Syekh Mubarok dan Tigaraksa menjadi tempat berkumpulnya ketiga tokoh itu. 

Baca Juga :

Nama ketiga tokoh ini pun diabadikan dengan dijadikan nama jalan. Jalan Raya Ki Mas Laeng dan Ki Seteng Katomas, Tigaraksa. Begitu pun  Jalan Syekh Mubarok sebagai jalan penguhubung Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Cisoka.

Makam keramat Ki Mas Laeng yang berada di wilayah Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020).

"Kalau untuk nama jalannya dinamakan sejak dulu saya tinggal di sini memang Jalan Ki Mas Laeng dan Ki Seteng sih dari tahun 1996," tambah Jimi salah satu warga yang tinggal di Jalan Ki Seteng. (RED/RAC)

TANGSEL
Kepergok 'Wik-wik' Pasangan Muda Mudi di Ciputat Terjaring Razia

Kepergok 'Wik-wik' Pasangan Muda Mudi di Ciputat Terjaring Razia

Rabu, 12 Mei 2021 | 19:20

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah pasangan muda mudi kepergok sedang di dalam kamar salah satu penginapan di wilayah Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (11/5/2021) malam

MANCANEGARA
Mulut Sungai Gangga di India Mengapung 4.000 Mayat COVID-19

Mulut Sungai Gangga di India Mengapung 4.000 Mayat COVID-19

Rabu, 12 Mei 2021 | 12:00

Angka kematian di India karena mengganasnya COVID-19 pun terus bertambah signifikan setiap harinya. Terbaru 4.000 mayat terlihat mengapung di mulut sungai Gangga. Jenazah ini diperkirakan merupakan jenazah positif COVID-19

PROPERTI
Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Sinar Mas Land Berikan Hadiah Spesial Ketupat Lebaran bagi Pembeli Properti

Selasa, 4 Mei 2021 | 20:29

TANGERANGNEWS.com– Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari kemenangan Idulfitri setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan

SPORT
Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Gelar Bukber, Ngadino Semangati Klub Voli Kota Tangerang

Jumat, 23 April 2021 | 23:01

TANGERANGNEWS.com- Ngadino, selaku Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memberikan semangat kepada pengurus klub bola voli di Kota Tangerang

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab