Connect With Us

Asal Muasal Nama Tigaraksa di Tangerang

Redaksi | Jumat, 18 Desember 2020 | 17:48

| Dibaca : 23542

Tugu Patung Tigaraksa yang berada di wilayah Tigaraksa kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020). (@TangerangNews / Masyrifatul Laila)

TANGERANGNEWS.com-Tigaraksa merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. Konon kata Tigaraksa ini berasal dari  tiga raksasa.

Tiga Raksasa yang dimaksud yaitu Ki Mas Laeng, Ki Seteng, dan Syekh Mubarok yang kemudian disingkat menjadi Tigaraksa.

"Dulu di sini ada tiga tokoh yaitu Ki Mas Laeng, Ki Seteng dan yang satunya lagi Syekh Mubarok.  Katanya dulu yang menyebarkan agama Islam di sini", ujar Udin.

Makam keramat Ki Seteng yang berada di wilayah Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020).

Menurut penuturan warga sekitar, Ki Mas Laeng dan juga Ki Seteng sebelumnya bukan pemeluk agama Islam yang kemudian disatukan oleh salah satu pemuka agama Islam, yaitu Syekh Mubarok dan Tigaraksa menjadi tempat berkumpulnya ketiga tokoh itu. 

Baca Juga :

Nama ketiga tokoh ini pun diabadikan dengan dijadikan nama jalan. Jalan Raya Ki Mas Laeng dan Ki Seteng Katomas, Tigaraksa. Begitu pun  Jalan Syekh Mubarok sebagai jalan penguhubung Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Cisoka.

Makam keramat Ki Mas Laeng yang berada di wilayah Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jumat (18/12/2020).

"Kalau untuk nama jalannya dinamakan sejak dulu saya tinggal di sini memang Jalan Ki Mas Laeng dan Ki Seteng sih dari tahun 1996," tambah Jimi salah satu warga yang tinggal di Jalan Ki Seteng. (RED/RAC)

BANTEN
Warga Baduy Luar Diajari Jadi Petani Jahe Merah Berkualitas di Lebak Banten

Warga Baduy Luar Diajari Jadi Petani Jahe Merah Berkualitas di Lebak Banten

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:33

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah warga Baduy Luar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dilibatkan menjadi petani jahe merah. Mereka diberi pembinaan untuk menghasilkan jahe merah berkualitas oleh PT Kalbe Farma

BISNIS
Catat 10 Tips Ini Sebelum Buka Bisnis Toko Bangunan

Catat 10 Tips Ini Sebelum Buka Bisnis Toko Bangunan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:45

TANGERANGNEWS.com-Toko bangunan merupakan bisnis menjanjikan saat ini. Tentu saja sektor ini merupakan peluang emas untuk Anda yang memiliki jiwa bisnis.

NASIONAL
Ketum Golkar: Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan dengan Kolaborasi

Ketum Golkar: Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan dengan Kolaborasi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:14

TANGERANGNEWS.com-Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan, HUT ke-77 Republik Indonesia menjadi momentum penting untuk kembali mengingat kerja sama dan kolaborasi.

HIBURAN
Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:39

TANGERANGNEWS.com-Komedian Sule resmi bercerai dengan Nathalie Holscher berdasarkan putusan Pengadilan Agama (PA) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu, 10 Agustus 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill